Bisnis Online Nggak Selalu Ngonline

Seorang bapak mengeluhkan anaknya nggak keurus sejak istrinya memutuskan jadi online shop
Seorang suami mengeluh kalau sejak istrinya berbisnis online, istrinya tak pernah lepas dari gadget
TAPI...
Istrinya berasumsi kalau dia nggak mantengin gadget maka pelanggannya bisa hilang
TERNYATA, ternyata yang dilakukan sang istri adalah menunggu ada yang chat, membalas semua chat secara fast respon, hingga lupa ada hal yang menunggu dia urus yaitu suami dan anak
Dengan dalih semua musti fast respon agar pelanggan happy_apalagi dia nggak punya asisten_maka dia harus melototin chat sepanjang waktu
Oh nooooooo!
Akhirnya saya menuliskan cerita ini di facebook bahwa berbisnis online tak harus mantengin handphone sepanjang waktu: tentukan saja KAPAN WAKTU FAST RESPON DAN SLOW RESPONNYA
Misal:
Fast respon jam 09.00-12.00
Slow respon di luar jam itu karena mengerjakan hal lain di luar bisnis
KECUALI kalau Anda sudah punya asisten online yang dibayar buat ngonline maka fast respon Anda ya sepanjang waktu kerja misal jam 08.00-17.00
WAKTU Fast respon, selain mengerjakan komunikasi dengan pelanggan juga sambil merawat social media yang ada, misal posting konten, dll
Emangnya pelanggan paham? edukasikan saja dengan baik. Waktu fast respon bisa didesain di canva.com dan dijadikan profil pic di whatsapp atau facebook Anda
Sewaktu slow respon dan ada chat belum terbalas, mulai dengan balasan manis: haiii cin, maafkan baru respon ya, maklum mamak-mamak. Oh ya, orderanmu aku proses sekarang yaaaa *manis kan?*
Kalau perlu pakai pesan otomatis yang manis saat Anda slow respon, misal: hai mak, aku lagi sibuk di dapur dulu yaaaak, ntar pas fast respon aku balas yaaa, pleaaaseeee, love you maaak
*ah yang baca juga malah happy meski dikau slow respon*
Kalau masalah saya BEDA lagi, saya punya waktu terbatas di social media dan saya posting banyak lalu lupa dan nggak alokasikan waktu buat reply-in orang hahaha # i did so many mistakes di facebook
Yes, dulu...
Waktu saya di facebook sangat sempit
Posting doang, tanpa interaksi #i did it mistake
Posting saya banyak lagi tapi nyaris jarang berinteraksi
Akhirnya.... saya kehilangan momen kedekatan dengan banyak sahabat baik di facebook #hiks
Saya slow respon di facebook!
Apakah ini karena saya merasa keenakan di whatsapp? mungkin iyaaa! Tapi bisa jadi karena saya pernah merasa "tak punya waktu merawat facebook ini* OMG, i did a lot of mistakes
PADAHAL, ini sebuah kesalahan besar
Ngapain posting banyak kalau nggak menjaga interaksinya? aaah inilah kesalahan saya! Tapi, kalau mau posting banyak dan bisa melakukan interaksi di semua status, ini sih bagus
Terkait kesalahan saya minim interaksi, ketika saya scrolling ke status beberapa tahun lalu ada yang akhirnya saya komen sekarang setelah saya mulai menggunakan metode LAPF
Setelah menggunakan konsep LAPF malah terjalin kembali interaksi dengan teman-teman lama di facebook dan jadi inboxan deh hhehehe, alhamdulillah
Jujur, saya melakukan banyak kesalahan di facebook terkait dengan postingan dan interaksi tanpa saya sadari, kesadaran muncul saat saya kehilangan banyak info tentang teman-teman saya *ternyata kami saling tak bisa melihat postingan baru satu sama lain* karena minimnya interaksi
Begitulah facebook dengan algoritmanya yang terus berubah, tak aktif berinteraksi maka ke laut aje hehehe
Saya insyaf dooong, masa punya social media sekeren facebook musti diabaikan optimalisasinya, apalagi sekarang semua sudah serba social media
ALHAMDULILLAH saya beneran nggak mengira setelah saya menggunakan metode LAPF hanya dalam waktu kurang dari seminggu facebook saya naik hingga berlipat-lipat persen interaksinya
Teman-teman bisa lihat status-status saya terbaru dan yang lama yang perbandingannya jauh banget. Kalau mau tahu tentang LAPF dan mau ikutan kelas gratisnya bisa langsung join ke https://chat.whatsapp.com/BpS8i8m2WFZKPGWSzslCEs #duh maaf udah full#
BUkan hanya facebook yang saya urus dengan serius, whatsapp pun sama, sangat serius saya urus tanpa mengabaikan aktivitas rumah tangga pastinya alias ada jadwal slow respon dan fast respon, di WA saya bahkan sudah buka BOW alias Bimbingan Optimasi WA dan nggak nyangka banget ada yang naik hingga 9.000 persen setelah mengikuti BOW, masyaAllah
Kalau mau ikutan BOW gimana? please jangan ikutan kalau waktu slow repon dan fast responmu masih belepotan, Mak. Nanti ribeeeeet karena bisa tang ting tung wa-mu.
Tapi, kalau sudah yakin bisa ngatur waktu, bisa daftar BOW ke link ini https://chat.whatsapp.com/CUAoA8FdjJKDd9eaQsL4d3 nanti akan dibantu oleh team leader kami untuk pendaftarannya.
BTW kalau ada alumni BOW angkatan satu baca status ini, please, share dong pengalamanmu di BOW dan mention 5 sahabat baikmu...
JADI sekali lagi untuk urus bisnis online nggak perlu terus-terusan online kan? ada ilmunya untuk bisa jalanin bisnis online namun apik waktu ngonlinenya
Btw, berikut ini adalah produk-produk yang dijual online, mulai dari buku mak Kemoceng Nurdianah Dixit n mak Yuni Ummu Wafi plus Mak @Dinna Andianny, cairan ajaib, dlemonie, sabun, lipstik plus celak sepaket, mainan edukatif anak (ini mainan bikin saya jatuh cinta uuuy, ngajarin matematika nggak kerasa heheh), bantal berquote karya mak Syifa Azmy Khoirunnisa, hingga permak kursi lama dengan sarung serba merah hasil crafter Indy Ajeng Prameswari, tak lupa ada pulen, sebuah produk untuk pasutri ahaayyyyyy, dan saya yakin mamak-mamak online shop ini cerdas cara ngonlinenya
BENERAN yaaa, jadi online shop itu musti nambah ilmu terus, praktek terus, menemukan solusi terus, praktek terus, sampai ketemu yang paling pas
HAL ini yang saya lakukan terus menerus saat ini, saya ingin menemukan pola-pola ngonline yang pas buat mamak-mamak seperti saya. Waktu terbatas di socmed tapi penghasilan tanpa batas, aamiin
BTW, sudah ngelike FP saya @indari mastuti? ada ebook seru buatmuuuu kalau sudah like, tinggal info aja ke wa saya http://bit.ly/savenomor kalau sudah ngelike dan ebook seruuu akan saya kirim untukmu
Salam Ngonline,
Teh Indari







No comments:

Post a Comment

Adbox