21 December 2017

SEMUA PEREMPUAN BISA BICARA DI DEPAN UMUM!

-
-
Tahukah Anda bahwa perempuan mampu memproduksi kata kurang lebih 60.000 kata setiap hari?
Lalu dimana saja para perempuan mengeluarkan puluhan ribu kata tersebut dan dihabiskan untuk apa saja?

Jadi, ternyata se-pemalu-nya seorang perempuan takdirnya ialah MAKHLUK YANG SUKA BICARA. Tidak heran predikat perempuan itu ‘cerewet,’ memang sesuai dengan kodratnya kita, perempuan.

Nah sekarang mari persiapkan kemampuan berbicara Anda itu menjadi sebuah keahlian yang NYATANYA BISA dilakukan oleh semua orang.
Apa itu?
PUBLIK SPEAKING. Yaitu sebuah kemampuan berbicara di hadapan umum.

Sahabat, seiring dengan kesuksesan Anda baik di bidang bisnis, karir di kantor atau dimanapun Anda berkembang maka mau tidak mau KEBUTUHAN akan berbicara dihadapan khalayak umum adalah sebuah keharusan.

Berikut tips sederhana yang dapat Anda ikuti untuk memeperdalam kemampuan publik speaking :
Lakukan secara spontanitas. Artinya tidak membaca atau menghafal isi pembicaraan yang akan disampaikan. Karena nantinya akan terlihat kaku dan kedekatan emosional  dan personal terhadap audience tidak terjalin secara maksimal. Jika nantinya ada yang terlupa, maka Anda akan mudah merasa panik.

Menuliskan poin-poin penting materi. Membuat kerangka pembicaraan itu penting, supaya tidak berputar-putar sekitar materi yang itu-itu saja. Dan pada akhirnya membuat pendengar merasa bosan. Menuliskan poin penting berbeda dengan menghafal. Karena setelahnya Anda harus mampu menjelaskan secara lisan rincian dari poin tersebut secara baik tanpa harus terpaku dengan teks.

Perhatikan interaksi dengan audience. Sangat penting bila mendapatkan feedback dari pendengar supaya suasana menjadi lebih hidup. Banyak hal yang bisa dilakukan demi meraih perhatian pendengar. Salah satunya yang banyak dilakukan para motivator adalah ice breaking. Yaitu sebuah materi singkat yang dibuat untuk membangun kedekatan emosional dengan pendengar. Misalnya membuat kuis, tebak-tebakan atau menyelipkan humor.

Pastikan materi yang akan disampaikan sudah benar-benar dikuasai dengan baik. Sebelumnya Anda bisa latihan di depan cermin agar nanti memudahkan penampilan dihadapan umum.

Mengatur waktu yang baik. Atur waktu tampil Anda dengan keseluruhan materi supaya semuanya tepat.

Suara yang powerfull. Berbicara di depan umum tidak sekedar teknik yang mantap. Namun harus didukung oleh suara yang powerfull. Artinya bila Anda menggunakan microphone maka aturlah jarak mulut dengan kekuatan suara yang dikeluarkan. Jika tidak menggunakan pengeras suara, sampaikan materi dengan suara yang jelas, pengucapan yang benar dan kalau bisa dengan  teknik pernapasan yang baik.

Kontak mata dan body language menunjukkan kredibilitas Anda. Ketika di panggung, Anda adalah sosok yang didengarkan orang. Maka jangan ragu untuk menatap mata pendengar. Lakukan dengan yakin dengan dukungan gerak tubuh yang juga meyakinkan.

Dalam perjalanan saya tempo hari ke Bali dalam rangka MILAD EMAK PINTAR JATIM YANG KE-DUA, kami mengadakan kegiatan PUBLIK SPEAKING singkat. Melatih kemampuan berbicara para Emak ternyata tidak sulit. Karena semua perempuan bisa bicara di depan umum.
Berikut linknya:
http://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1609386942509304&id=100003140406781


No comments: