05 September 2017

Kemampuan-Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Pebisnis



Menjadi seorang pebisnis yang sukses tentu saja perlu effort.  Salah satunya harus menguasai kemampuan-kemampuan berikut secara mumpuni.    Apa saja sih kemampuan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang pebisnis menurut saya?  Silahkan simak yang berikut ini ya.

Pertama, pebisnis harus bisa nulis. Ini yang selalu saya gembor-gemborkan.  Susahkah menulis? Mulai dari mana? Bisa dimulai dengan MENULIS di Facebook.  Tapiiii jangan fokus sama LIKE, KOMEN, n SHARE ya. Sepanjang apa yang Anda tulis itu KEBAIKAN, TULIS terus tanpa jeda...Menulis dengan tujuan mengejar diLIKE, diKOMEN, dan diSHARE seringkali bikin Anda BAPER sehingga akhirnya STOP NULIS. Ah, sayang banget!

“Teh, kenapa kalau nulis kok cepet banget?” tanya banyak orang.
Saya jawab, karena saya menulis yang saya kuasai topiknya.

“Bukan bakat ya, Teh?”
Jawaban saya, bisa menulis bukan karena BAKAT tapi dari PROSES yang TEPAT.  Dalam segala hal, termasuk menulis, untuk SUKSES harus juga menyiapkan diri MENIKMATI PROSES yang dijalankan.  Bukan hanya siap pada PENCAPAIAN tapi juga siap pada KEGAGALAN.  Tulisan nggak dapat Like, Komen dan Share bukan berarti tulisan Anda jelek dan Anda gagal.

Kedua, pebisnis harus selalu siap eksekusi.  EKSEKUSI itu adalah salah satu kebiasaan saya di dalam bisnis, setiap ada IDE langsung diEKSEKUSI.  Apakah semua ide itu berhasil? TIDAK!  Kadang-kadang menghasilkan kesalahan dan KEGAGALAN.  Namun, kesalahan dan kegagalan dalam eksekusi sebuah ide tidak perlu membuat kita berhenti mengEKSEKUSI satu demi satu ide.

Ketiga, pebisnis harus terbuka terhadap kritikan.  Kenapa pebisnis nggak boleh marah kalau diKRITIK? Kalau marah nggak bisa MIKIR mengenai LANGKAH SELANJUTNYA.

Keempat, pebisnis harus tetap MELESAT tanpa mudah terpikat rumput tetangga dan tergilas pesaing hebat.  Fokus, fokus dan fokus.

Kelima, pebisnis harus haus ilmu.  Pebisnis BUTUH ILMU itu pasti! Belajarlah terus tanpa henti.

Keenam, pebisnis harus punya mental yang kuat.  Bagaimanapun MODAL TERBESAR untuk membangun bisnis adalah MENTAL.
Untuk bisa punya stok banyak seperti ini, INDBLACK melalui proses:
GAGAL JAHIT
GAGAL HANDMADE
GAGAL TEPAT JANJI
Tapi, memang kita harus memahami bahwa SUKSES ITU TIDAK INSTAN BUTUH ILMU dan MENTAL yang kuat untuk bisa menaklukan semua hambatan.

Nah, bagaimana? Sudahkan Anda memiliki semua kemampuan di atas?

No comments: