03 August 2017

BULLY harus jadi BENSIN untuk MEMPERBESAR PRESTASIMU! (Ketika anak korban bully bermetamorfosa menjadi anak yang mengagumkan)



Bicara bullying tak ada habisnya.
Setiap saat selalu ada kabar tak sedap mengenai kasus ini.
Anak disiksa temannya.
Anak yang dihina.
Anak yang diledek habis-habisan.
Anak yang dikucilkan.
Dan ada banyak anak yang membuat hati semua orang trenyuh dan marah.

Alih-alih membuat anak-anak pembully ikut dibully rame-rame dan akhirnya menjadi korban bully massal, lebih baik kita ramai-ramai CAMPAIGN POSITIF pada pembully dan yang dibully.

Pembully, ditanamkan hal buruk yang akan mereka dapatkan ketika membully.  Misal:
Saya sering bertanya begini pada anak-anak yang terlihat superior :
Pertama, Kita nggak akan tahu, temanmu yang mungkin kamu anggap lebih rendah itu akan berubah menjadi orang hebat di masa yang akan datang. Terus, kalau mereka kelak jadi orang hebat, malu nggak datang ke dia dan bilang kamu temannya?
Kedua, Menyesal itu bukan sekarang, tapi nanti, berbuat buruk hanya membuat kita menyesal karena keburukan kita akan berbalas di kemudian hari, caranya bisa apa saja. Jangan lakukan hal buruk pada temanmu, ya...
Dan beragam hal sebagai bentuk tanggungjawab saya sebagai ibu mereka.

Untuk mereka yang dibully, saya lebih menekankan bahwa mereka BERHARGA, LUAR BIASA, dan akan menjadi orang hebat jika mereka tidak mengizinkan bullying menekan jiwa dan membuatnya tidak bahagia.
Buktikan kamu bisa!
Buktikan kamu hebat!
Buktikan kamu bisa melebihi mereka!
Buktikan kamu kuat!
Pembuktian ini bukan hanya untuk mereka, tapi membuktikan pada diri sendiri bahwa KAMU ADALAH BINTANG seperti anak lainnya.

Bu, tidak perlu jauh-jauh mengutuk anak-anak yang membully, anak-anak yang membully ADA DI SEKITAR KITA, rengkuh dan ajarkan yang paling dekat dengan kita
Bu, tidak perlu jauh-jauh mencari anak yang dibully, ada banyak anak di sekitar kita yang butuh pelukan dan dikuatkan agar mereka bisa survive dan tetap tumbuh menjadi anak hebat
SEANDAINYA, semua orang peka pada sekelilingnya yang PALING DEKAT dari lokasinya, BERANI MENEGUR pada setiap kesalahan yang terjadi, dan bisa menjadi ORANGTUA bagi anak-anak yang limpahan kasih sayang yang membuat mereka nyaman dan aman, kasus demi kasus tidak akan terus meningkat karena ada orangtua yang siap mengingatkan, ada guru yang siap meluruskan, ada banyak orang yang siap menghebatkan karakter mereka.

ANAKKU sayang...
Jangan melemah karena orang menghinamu
Jangan hancur karena orang menyiksamu
Jangan sedih karena orang menyakitimu.
Saat hinaan, siksaan, dan sakit itu datang jadikan TEKAD bahwa engkau akan JAUH LEBIH MENGHEBAT
Jika engkau menghebat, mereka yang menghina, menyiksa, dan menyakitimu akan datang padamu seolah menjadi temanmu atau saudaramu karena rasa malu.
RASA MALU karena mereka salah telah mengecilkanmu, menyepelekanmu, dan mengucilkanmu.
BULLY harus jadi BENSIN untuk MEMPERBESAR PRESTASIMU!

Kuatkan mental...
Kuatkan hati...
Kuatkan diri...
Kuatkan tekad...
Dekatkan diri padaNya....

Pengalaman seorang anak yang sejak kecil hingga kuliah dibully sangat dekat dengan saya, dialah Tantia Dian Permata Indah. Pengalaman bullynya tidak pernah menyurutkan langkahnya. Beliau berkata, "Setiap dibully membuat saya semakin semangat berprestasi."
Di usia masih sangat muda prestasinya luar biasa, pernah mendapatkan beasiswa dari beberapa negara sekaligus, menempati posisi strategis di perusahaan multinasional, dan prestasi hebat lainnya. Kisah Tantia diliput oleh berbagai media cetak dan elektronik seperti Hitam Putih, Kick Andi, dan liputan lainnya.
Tantia, harus menjadi sosok yang bisa menguatkan anak korban bullying bahwa MEREKA ADALAH BINTANG dan akan bikin pembully gigit jari karena telah menghinanya.

Ya, NAK...
Balaslah BULLY dengan PRESTASI!

No comments: