Ibu adalah ROLE MODEL Bagi Semua Anak



Bunda, aku ingin anak-anak bisa semakin cerdas dan mendapatkan pendidikan terbaik. Bolehkah aku membuat sekolah gratis?
Permintaan Nanit ini dikemukakan lebih dari dua tahun lalu dan dia langsung bergerak cari murid.
Hingga kini, di usia 8 tahun dia sudah menjadi bu guru kecil dan jadi seorang pebisnis.

Ya, kiprah si sulung sebagai pebisnis kecil semakin terlihat.
Suatu hari dia bertanya, bagaimana caranya agar jualan laku banyak, Bun?
Prospeklah yang banyak.  Jawab saya.
Jadiii, kapan aku boleh punya akun facebook atau Instagram supaya bisa punya pelanggan yang banyak? Tanyanya lagi.
Setelah berbisnis puding dan slime, rupanya anak usia 8 tahun ini sudah punya produk baru “Squishy karakter” dan ingin menjangkau pelanggan lebh dari tetangga dan teman sekolah.
Nanti kalau sudah SMP ya, sahut saya pelan agak nggak tega.

Kegiatan saya berbisnis dari rumah pun akhirnya menjadi sumber duplikasi si sulung, Nanit.  Aktivitas berbisnisnya dimulai sejak TK.  Tugas kami, ayah dan bundanya adalah melatih anak berbisnis sejak dini dan  mendampinginya.
Tahun lalu, Nanit diwawancarai di MQFM.  Nanit dengan khas gaya anak-anak menuturkan kenapa dia suka berbisnis dan awalnya bagaimana menawarkan jualannya.  Beberapa jawaban Nanit yang saya simpulkan adalah, “untuk mengatasi rasa malu jualan, coba tawarkan barang dagangan ke teman yang dikenal dulu.”  Ujarnya saat seorang pendengar bertanya mengenai cara mengatasi malu jualan.  Nanit sendiri mengatakan bahwa dia tidak malu melakukan jualan door to door. 
Namun ketika ditanya apa cita-citanya, Nanit tetap berpegang teguh ingin menjadi guru dan dokter, “Dokter menyembuhkan dan Guru memintarkan,” ujarnya tegas.
Itulah si sulung, Qanita Mutmainatunnisa yang berulang tahun kemarin.  Jika melihat Nanit, maka semua orang akan mengatakan itu Indari kecil.

Si bungsu lain lagi ceritanya.
Suatu hari jam 3 dini hari, saya dibangunkan si bungsu
Bunda bangun, sudah jam 3
Bunda harus mengerjakan semua pekerjaan ibu rumah tangga sebelum bekerja
Heeeem, berat juga ya jadi ibu rumah tangga yang berbisnis? Celotehnya.

Saya bangun sambil melongo
Ya, kedua anak saya menduplikasi kebiasaan-kebiasaan orangtua mereka.
Begitupun anak-anak Anda, karena itu jadilah role model terbaik untuk anak-anak Anda.
Anak-anak akan MENGUAT karena ibunya KUAT
Anak-anak akan MELEMAH karena ibunya LEMAH
Ibu, adalah ROLE MODEL bagi semua anak, dimanapun mereka berada

No comments:

Post a Comment