29 August 2016

Merasa Sales Bukan Bidang Anda? Yuk, Ubah Mindset!



Bagi saya, apapun produknya sales itu urusan nomor satu.  Ya, apapun pekerjaan atau bisnis yang anda jalankan, tanpa kemampuan sales pasti bisnisnya tidak akan berjalan dengan baik.  Sedemikian pentingnya sales, namun tidak semua menyadari bahwa pada saat ini, menjadi sales bukan lagi merupakan profesi semata melainkan merupakan kebutuhan di berbagai aktivitas.  

Sayangnya bagi sebagian orang, sales masih menjadi sebuah gerakan malu-malu, aktivitas yang dilakukan dengan malas-malasan dan merupakan satu pekerjaan yang tidak dijalankan dengan senang hati.  Bahkan banyak orang langsung mengerutkan dahi ketika mendengar kata sales.

Banyak perempuan yang menyerah dalam hal sales bahkan dengan berbagai alasan merasa sales bukan bidangnya.  Mindset seperti ini yang harus diubah.

Berikut saya berikan beberapa TIPS menjalani kegiatan NYELES untuk Anda para perempuan:
1. KENALI PRODUK  yang Anda tawarkan dengan sebaik mungkin. Semakin Anda mengenali produk Anda semakin lancar proses edukasi produk di lapangan.
2. PERKUAT EMPATI sangat penting karena Anda akan berhadapan dengan begitu banyak karakter di lapangan. Jika Anda tidak tahan dengan goncangannya karena simpati atau antipati yang muncul, proses ‘menjual’ Anda akan gagal.
3. JADILAH PENDENGAR bagi calon klien Anda. Siapkan dua telinga Anda untuk mendengarkan apa kebutuhan calon klien Anda, tutuplah dulu mulut Anda hingga dia selesai bicara. Setelah Anda dipersilakan berbicara, gunakan waktu secara efektif dan efisien untuk memperkenalkan produk Anda.
4. Jadilah yang PENYABAR. Memfollow orang itu tidak seperti Anda membuat masakan. Bisa dilakukan dalam waktu cepat. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hal ini karena tanpa kesabaran Anda akan mudah menyerah dan kadang ‘marah’ :)
5. BERSAHABATlah dengan calon klien atau klien Anda karena dengan hubungan personal semi profesional Anda akan menikmati proses menjadi sales sebagai lahan untuk shilaturahmi dan belajar.
6. BELAJARLAH dari APA YANG DIKERJAKAN. Saya kemana-mana selalu bawa barang dagangan. Pada sebuah meeting besar, pada reuni, hingga pada kegiatan sekadar jumpa kawan. Pada setiap kejadian ‘nyeles’ saya belajar dan menyempurnakan aktivitas sales saya.
7. Bersiap DITOLAK. Sales jangan takut ditolak, kalau ditolak satu orang masih ada seribu orang menunggu Anda di depan rumahnya :)

Nah,
Bagaimana? Siap mengubah mindset? Sudahkah Anda menjadi sales, khususnya untuk PRODUK ANDA SENDIRI? Selamat menjadi SALES!
Happy Selling!


No comments: