12 August 2016

Keberhasilan Bisnis Tidak Selalu Dinilai dengan OMZET



"Teh Iin,, saya belum bisa action-action dan kerjakan PR dari Teteh, karena jam segini baru free time juga ada orderan yang harus saya jahit.  Saya tidak apa-apa  omzetnya belum naik setelah beberapa sesi ikut pendampingan bisnis, yang penting saya tahu step-stepnya.  Jika nanti saya sudah punya penjahit tetap saya akan aplikasikan ilmunya,"

Begitu curhatan seorang peserta pendampingan bisnis.

Alhamdulillah, memang keberhasilan tidak selalu dinilai dengan OMZET, memiliki pengetahuan dalam bisnis yang siap diaplikasikan juga sebuah keberhasilan.

Mencoba, mencoba, belajar, belajar, action dan action adalah sesuatu yang wajib dalam bisnis.  Terapkan banyak pembaharuan dan inovasi dalam bisnis Anda. Mengenai berhasil atau tidak bukanlah masalah.  Hargai proses yang telah Anda lakukan mencapai tujuan tersebut. Anda pasti tahu, dalam mengambil langkah apapun dalam bisnis yang penting adalah sudah mencoba.  Anda tidak akan pernah tahu berhasil atau gagal kalau tidak mencoba sebelumnya.  Kalau ternyata berhasil maka duplikasilah langkah keberhasilan tersebut, hingga akhirnya Anda punya 1001 cara untuk berhasil.  

Setelah Anda berkecimpung di dalam bisnis jangan pernah berhenti belajar.  Berbisnis itu tidak sekedar berbisnis.  Tantangan bagi Anda adalah menjadikan produk yang Anda jual seperti gula manis yang dikerubuti semut.  Semua orang datang, mencari dan membeli.  Untuk mencapai tahap itu Anda tidak boleh berhenti berinovasi dan belajar ilmu baru.

Kunci keberhasilan pendampingan bisnis adalah ACTIONNYA sekuat apa.  Ada banyak kisah  dari peserta Reparasi Bisnis yang berhasil merajut kembali bisnisnya yang berantakan atau berada di titik nol kembali. Tentu saja, ini bukan karena mentor yang membuatnya berhasil tapi karena semangat peserta yang tidak pernah putus dari waktu ke waktu.

Ikut pendampingan bisnis hendaknya tidak hanya untuk mendapatkan manfaat berupa rupiah semata tetapi juga untuk instropeksi kesalahan-kesalahan berbisnis.  Setiap pebisnis pasti pernah melakukan kesalahan, berat atau ringan, semua tergantung cara menyikapinya. Tapi, jika setelah melakukan kesalahan mereka berhenti untuk berjuang dan belajar, maka mereka tidak akan pernah tahu pelajaran apa yang tersembunyi dari kesalahan itu.  Omzet akan mengikuti dengan sendirinya begitu kita lebih memahami bisnis kita.  Setuju?

No comments: