Media
sosial bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Kalau Anda pandai mengelolanya media sosial
sangat efektif dalam menjaring konsumen.
Banyak
pebisnis menggunakan Facebook karena Facebook bagaikan menjadi social layer
alias bagian hidup bagi hampir semua orang.
Siapa sih yang tak kenal Facebook?
Walaupun memang interaksi di Facebook sekarang sudah tak seheboh lima
tahun kebelakang.
Apalagi
dengan keberadaan fitur fanpage (FP) mendorong banyak pebisnis untuk lebih
memanfaatkan Facebook untuk promosi
produknya dibandingkan dengan akun jejaring sosial lainnya. Dari banyak manfaat yang ada inilah beberapa
manfaat fitur FP untuk bisnis Anda :
·
Dapat dimiliki tanpa biaya, alias gratis
·
Tidak ada batasan jumlah fans, berbeda
dengan akun facebook personal yang membatasi jumlah 5000 teman
·
Tampil di mesin pencari, karena itu FP
dapat dimanfaatkan sebagai media pengenalan merek suatu produk
·
Dapat menggunakan fasilitas sponsored page
untuk mendapat publisitas lebih besar
·
Berbagai foto dan video dapat diunggah ke
FP tanpa batas. Ini sangat baik untuk
menunjang pencapaian tujuan melalui sebuah FP
Apakah
mungkin dengan fitur gratisan kita bisa meraih omzet besar?
Mengapa
tidak? Asal Anda tahu caranya.
Berikut
saya berikan tips meraih omzet puluhan juta dari fanspage :
Pertama, Jika Anda memilih FP Facebook, Anda harus
menyisihkan waktu khusus dan fokus untuk merawat dan menjaga FP Anda agar
optimal. Karena berjualan lewat facebok
bukan cuma sekedar menjajakan produk lewat postingan saja, Anda juga harus
rajin menjawab komen dan menangani order yang masuk lewat inbox dengan sesegera
mungkin. Fans harus merasa bahwa FP
Anda dikelola oleh tim yang professional.
Kedua,
Posting konten yang memiliki kualitas cukup bagus. Konten yang berkualitas akan membangun
kepercayaan dan ketertarikan fans. Fans
akan membeli jika mereka suka dan percaya, inilah yang membuat konversi
penjualan akan semakin tinggi. Postinglah
secara konsisten dan teratur karena ini bisa meningkatkan basis komunitas Anda
secara bertahap.
Ketiga,
FP adalah tempat yang cocok untuk mencoba berbagai cara promosi yang
tepat. Uji format postingan yang
berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hash tags, jumlah link dan
lainnya. Ini bermanfaat untuk mengetahui
jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda. Melalui dashboard FP kita dapat menganalisa
metric yang paling penting, misalnya efektivitas postingan dan informasi
demografis.
Keempat,
Jika memungkinkan ada dana untuk beriklan, gunakan Ads Facebook. Selalu uji dan monitoring, amati seteliti
mungkin dan berhati-hatilah dalam mengatur anggaran. Facebook mempunyai
menyediakan sejumlah fitur yang memastikan Anda bisa dengan mudah menyasar
kelompok yang Anda inginkan. Tentunya
semakin spesifik sasaran konsumen produk
Anda makan akan semakin besar tingkat interaktifitas antara calon pembeli
dengan produk Anda.
Kunci
sukses mengelola FP adalah proses yang berulang-ulang dengan konsistensi. Anda
harus konsisten mencoba berbagai taktik baru.
Nah,
Semoga dengan melakukan tips di atas FP akan menjadi salah satu tools berharga
untuk melesatkan bisnis Anda. Meraih omzet puluhan juta dari fanspage bukanlah
impian semata. Siap?
No comments:
Post a Comment