20 June 2016

Tips Meraih Omzet Puluhan Juta dari Fanspage



Media sosial bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.  Kalau Anda pandai mengelolanya media sosial sangat efektif dalam menjaring konsumen. 
Banyak pebisnis menggunakan Facebook karena Facebook bagaikan menjadi social layer alias bagian hidup bagi hampir semua orang.  Siapa sih yang tak kenal Facebook?  Walaupun memang interaksi di Facebook sekarang sudah tak seheboh lima tahun kebelakang.  
Apalagi dengan keberadaan fitur fanpage (FP) mendorong banyak pebisnis untuk lebih memanfaatkan  Facebook untuk promosi produknya dibandingkan dengan akun jejaring sosial lainnya.  Dari banyak manfaat yang ada inilah beberapa manfaat fitur FP untuk bisnis Anda :
·         Dapat dimiliki tanpa biaya, alias gratis
·         Tidak ada batasan jumlah fans, berbeda dengan akun facebook personal yang membatasi jumlah 5000 teman
·         Tampil di mesin pencari, karena itu FP dapat dimanfaatkan sebagai media pengenalan merek suatu produk
·         Dapat menggunakan fasilitas sponsored page untuk mendapat publisitas lebih besar
·         Berbagai foto dan video dapat diunggah ke FP tanpa batas.  Ini sangat baik untuk menunjang pencapaian tujuan melalui sebuah FP
Apakah mungkin dengan fitur gratisan kita bisa meraih omzet besar?
Mengapa tidak? Asal Anda tahu caranya.
Berikut saya berikan tips meraih omzet puluhan juta dari fanspage :
Pertama,  Jika Anda memilih FP Facebook, Anda harus menyisihkan waktu khusus dan fokus untuk merawat dan menjaga FP Anda agar optimal.  Karena berjualan lewat facebok bukan cuma sekedar menjajakan produk lewat postingan saja, Anda juga harus rajin menjawab komen dan menangani order yang masuk lewat inbox dengan sesegera mungkin.   Fans harus merasa bahwa FP Anda dikelola oleh tim yang professional.
Kedua, Posting konten yang memiliki kualitas cukup bagus.  Konten yang berkualitas akan membangun kepercayaan dan ketertarikan fans.  Fans akan membeli jika mereka suka dan percaya, inilah yang membuat konversi penjualan akan semakin tinggi.  Postinglah secara konsisten dan teratur karena ini bisa meningkatkan basis komunitas Anda secara bertahap.
Ketiga, FP adalah tempat yang cocok untuk mencoba berbagai cara promosi yang tepat.  Uji format postingan yang berbeda, jenis konten, panjang deskripsi, jumlah hash tags, jumlah link dan lainnya.  Ini bermanfaat untuk mengetahui jenis postingan seperti apa yang paling baik untuk komunitas Anda.  Melalui dashboard FP kita dapat menganalisa metric yang paling penting, misalnya efektivitas postingan dan informasi demografis. 
Keempat, Jika memungkinkan ada dana untuk beriklan, gunakan Ads Facebook.  Selalu uji dan monitoring, amati seteliti mungkin dan berhati-hatilah dalam mengatur anggaran. Facebook mempunyai menyediakan sejumlah fitur yang memastikan Anda bisa dengan mudah menyasar kelompok yang Anda inginkan.  Tentunya semakin spesifik  sasaran konsumen produk Anda makan akan semakin besar tingkat interaktifitas antara calon pembeli dengan produk Anda.
Kunci sukses mengelola FP adalah proses yang berulang-ulang dengan konsistensi. Anda harus konsisten mencoba berbagai taktik baru.
Nah, Semoga dengan melakukan tips di atas FP akan menjadi salah satu tools berharga untuk melesatkan bisnis Anda. Meraih omzet puluhan juta dari fanspage bukanlah impian semata.  Siap?

No comments: