16 June 2016

Membangun Kekompakan Suami Istri Dalam Bisnis



Bisnis yang dijalankan oleh suami istri bukan berarti bisa dijalankan semaunya.  Diperlukan kekompakan dengan pasangan dalam menjalankan bisnis.
Sulitkah membangun kekompakan suami istri dalam bisnis?
Tentu saja tidak.  Silahkan simak empat hal penting berikut ini ya.

Pertama, Jalani satu persatu pekerjaan sesuai jadwal dan peran yang sudah Anda sepakati dengan pasangan. Bikin pembagian tugas yang jelas dengan pasangan atau pun anggota rumah yang lain.   Kedisiplinan yang tinggi dalam penyelesaiannya dan bersedia melakukan sesuatu dengan tepat waktu akan memudahkan segala sesuatunya.

Kedua, Jangan pernah menunda pekerjaan.  Mentang-mentang bekerja bukan dengan orang lain pekerjaan bisnis yang seharusnya bisa diselesaikan hari ini, Anda tunda ke minggu depan.  Padahal minggu depan bisa jadi Anda akan mendapatkan proyek-proyek baru yang menuntut deadline tinggi.  Akibatnya tidak hanya pekerjaan bisnis yang tidak terselesaikan dengan baik namun bisa merembet ke tugas-tugas rumah tangga Anda.

Ketiga, harus siap beradaptasi.  Menyenangkan memang 24 jam bersama orang tercinta.  Tapi tetap saja pada awalnya perlu proses beradaptasi.  Adaptasi bekerja dengan pasangan akan jauh lebih mudah daripada jika kita menghire partner bisnis baru.   Kesulitannya adalah adaptasi waktu.  Bagi pasangan yang berbisnis bersama, apalagi berbisnis di rumah awalnya akan mengalami kesulitan mengatur waktu, kapan business time, family time dan terutama me time.  Jika Anda tidak pintar memanajemeni waktu dan membuat skala prioritas pekerjaan dijamin banyak pekerjaan yang terabaikan.

Keempat, Jangan baperan dan anti kritik.  Anda harus tetap bisa bekerja secara professional.  Jangan ragu untuk saling mengkritik atau memberi masukan untuk kebaikan bersama.  Walaupun dalam berbisnis dituntut untuk professional, namun tetap hormati suami sebagai kepala keluarga.  Bagaimanapun yang terpenting dalam setiap langkah seorang istri adalah dukungan suami yang senantiasa menyertai.  

Bisnis suami istri itu pada dasarnya merumuskan impian-impian, produktif dan berkontribusi dalam banyak hal dengan segala potensi yang dimiliki secara bersama-sama.
Bila dengan adanya bisnis hubungan antara suami dan istri semakin harmonis, serta hubungan dengan Sang Pencipta semakin dekat, maka bisnis tersebut Insya Allah bermanfaat.
Jadi, bagaimana sekarang?  Siap berbisnis dengan pasangan tercinta.  Selamat berbisnis!

No comments: