16 June 2016

Cara Mewujudkan Mimpi ala Santi Rosmala



“Bermimpilah, karena dengan mimpi dan tekad kuat apapun selalu terwujud meski melalui proses.”
Demikian keyakinan Santi Rosmala, pemilik Gerai Rosmala dengan brand Rosmala Comfort Syar’i.
Ingin punya usaha yang sukses, berkah dan bermanfaat buat orang lain adalah salah satu mimpi besar alumni dari Reparasi Bisnis awal tahun 2015 ini .  Beliau memulai bisnis online dari tahun 2009 dengan berjualan maxi dress yang diimpor langsung dari Hongkong. Ketika itu Santi hampir selalu berhasil melebihi target PO 1 minggu sekali.
Proses impor yang langsung berhubungan dengan bea cukai dengan cara under table agar nilai pajak tidak terlalu besar tak sesuai dengan kata hatinya.  Akhirnya beliau memutuskan untuk berhenti impor setelah bisnisnya  berjalan 2 tahun.
Kemudian Santi mencoba memproduksi sendiri hijab casual. Promosi dilakukan dengan cara menjaualnya dari pameran ke pameran di mall-mall kota Bandung sampai ke luar pulau.  Dunia online ditinggalkan karena beliau fokus di pameran.
Tapi sayang perjalanan bisnis ini pun hanya bertahan 2 tahun saja, dikarenakan beliau terlalu bernafsu dan berambisi tanpa perhitungan yang matang.  Kali ini Santi mengalami banyak kerugian dan nyaris terpuruk.
Naluri bisnis Santi terus bergejolak, sempat merambah ke bisnis kuliner yang sebenarnya bukan merupakan passion beliau.  Santi menyewa booth di sebuah foodcourt dengan produk andalannya yaitu nasi bebek.  Walaupun nasi bebek produksi Santi banyak diminati namun terpaksa dihentikan karena terkendala sulitnya memperoleh bahan baku.
Beliau memutuskan untuk terjun kembali ke bisnis fashion.  Kali ini Santi tidak mau asal berbisnis.  Jatuh bangun dalam berbisnis membuat Santi menyadari bahwa dirinya masih perlu banyak belajar.  Santi memutuskan mengikuti training Reparasi Bisnis dan mengkonsultasikan semua permasalahan bisnisnya pada saya, sebagai mentornya. 
Berbekal ilmu dari Reparasi bisnis serta modal Rp 1jt dari hasil penjualan sisa barang dagangan hijab casual, Santi mulai kembali menjalankan bisnis fashion.  Beliau memilih fokus di bisnis hijab syar’i.  Tujuan beliau memilih fokus bisnis ini karena ingin menjalankan bisnis yang lebih berkah dengan syiar. Walaupun pasar syari lebih sempit, namun beliau memiliki keyakinan bahwa rezeki sudah ditentukan Yang Maha Kuasa.
Akhirnya, bermula mengandalkan orderan dari teman-teman dekat, kini bisnis Santi mulai merangkak naik.  Setelah 6 bulan mengikuti RB, Gerai Rosmala mulai menemukan konsep bisnis yang lebih jelas dan terarah.  Hasil jerih payah Santi mulai terlihat. 
Meskipun belum mencapai nominal yang selangit, Santi mulai memiliki kepercayaan diri untuk kembali mengikuti pameran-pameran.  Hingga suatu hari mendapat kesempatan diliput koran Tribun.
Alhamdulillah, kini Santi kembali bangkit, semakin bersemangat untuk membangun bisnis dan mewujudkan mimpi-mimpinya!

No comments: