16 June 2016

Belajar dari Deta Aleena, Pebisnis Hebat yang Berhasil Bangkit dari Keterpurukan



Tahukah Anda, bahwa sukses itu berawal dari fokus dan tidak ada lagi konsep sukses yang berawal dari palugada (apa lu mau gue ada)?
Lebih dalam lagi, tahukah Anda bahwa ketidakfokusan dapat berakibat fatal bagi sebuah bisnis?
Yuk, belajar banyak dari Deta Aleena, pebisnis yang nyaris mengalami kebangkrutan akibat ketidakfokusan dalam berbisnis, namun akhirnya. berhasil bangkit dari keterpurukan.
Berawal dari passion di bidang kecantikan, Deta Aleena mendirikan Rumah Cantik Aleena yakni bisnis konventional Salon & Spa pada tahun 2013 bersama ibunda dan adik tercinta.  Saat itu Deta juga aktif menjalankan berbagai bisnis MLM.  Ternyata ketidakfokusan Deta dalam menjalankan bisnis membawa dampak buruk.
Kondisi Rumah Cantik Aleena mengalami keterpurukan, sampai-sampai Ibunda Deta harus menjual berbagai asset. Puncaknya adalah di Januari 2015, Ibunda Deta menyarankan agar Rumah Cantik Aleena ditutup.  Tak terkira kesedihan yang dirasakan oleh perempuan yang memiliki 2 putri balita ini. 
Walaupun sebelumnya Deta tidak terlalu memperhatikan bisnisnya, tapi saat sang Ibunda berkata demikian tak urung Deta merasa bersalah karena kecuekannya selama ini.  Saat itulah Deta bertekad untuk membangkitkan kembali Rumah Cantik Aleena.
Nol pengalaman bisnis membuat Deta kebingungan dari mana harus memulai.  Sampai pada suatu hari dari seorang teman, Deta mengetahui adanya Private Business Coaching yang diselenggarakan oleh Indscript Training Center.  Tak buang-buang waktu, perempuan yang berdomisili di Jatiwarna-Bekasi ini memutuskan untuk segera bergabung.
Mulai Pertengahan Maret 2015, Private Business Coaching dimulai.  Sedikit demi sedikit Deta mulai mendapatkan pencerahan-pencerahan.  Satu persatu masalah dibenahi.
Mulai dari diri sendiri, Deta saya minta untuk berkomitmen mengembangkan bisnisnya secara serius.   Beliau menyanggupi.
Super Team mulai dibentuk, Ibunda ditunjuk sebagai Dewan Pengarah, Deta sendiri sebagai Komisaris serta sang Adik sebagai Marketing Support.  Deta mengajak Super Team nya untuk bergandengan tangan mengembangkan bisnis Rumah Cantik Aleena. Siap berkomitmen dan siap keluar dari Zona Nyaman.
Dengan semangat, keikhlasan serta pikiran positit, mereka
mau melakukan perubahan dalam semua hal, mulai dari job description, SOP hingga ke sistem penggajian.   
Saya meminta Deta untuk terus memantau omzet dengan tabel metriks pencapaian. Saya harap, Deta akan terus terpacu bergerak dan bergerak
Alhamdulillah walaupun belum meneguk keuntungan besar, akhirnya. bisnis Deta bisa terselamatkan.  Deta saya minta untuk terus berinovasi guna meningkatkan omzet.  Salah satu inovasi Rumah Cantik Aleena adalah layanan Perawatan di rumah yang dikenal dengan nama Aleena Home Spa
Sampai kini, proses pembelajaran Deta belum berakhir.  Deta masih terus semangat belajar untuk mengupgrade ilmu bisnisnya. 
Pengalaman jatuh bangun dalam menjalankan bisnisnya membuat Deta tergerak untuk berbagi ilmu tentang spa pada siapa saja.
Bagi yang tertarik dengan bisnis spa, kini Rumah Cantik Aleena menyediakan pelatihan untuk diri sendiri, untuk usaha spa, atau pelatihan bagi yang ingin menjadi terapis.

Ya, Rumah Cantik Aleena terus membenahi diri.  Walaupun belum sempurna, namun bisnis ini sudah jauh lebih baik sekarang dan akan lebih baik lagi di masa-masa mendatang.
Yang ingin saya garis bawahi dalam tulisan ini, semua bisnis itu harus melalui proses yang panjang, melalui berbagai pengalaman.   Jangan pernah berpikir pebisnis-pebisnis yang sekarang beromzet milyaran rupiah tidak menjalani proses yang berliku.  Mereka pasti pernah mengalami up and down dalam bisnisnya.  Saya dan Detapun demikian.  Bisnis kami pernah mengalami kondisi-kondisi buruk.  Namun saya dan Deta tidak lantas menyerah dan berpindah haluan.  Kami berdua tetap fokus menjalani bisnis yang kami pilih.
Nah, bagaimana dengan Anda?

No comments: