Please, Jangan Asal bisnis!

(Bersama brand Make Up Artist)

Memulai bisnis bukan berarti siap modal berupa materi atau uang saja.  Salah satu yang tak kalah penting adalah siap mental dan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin.  Untuk menjadi pemimpin memerlukan proses yang panjang.
Anda dituntut untuk menjadi pemberi inspirasi, pemberi motivasi, pemilik perspektif jangka panjang, dan pembaharu.
Anda dituntut menjadi seorang pemimpin visioner yang memiliki pandangan jauh ke depan.  Level kreativitas Anda akan menentukan sejauh apa bisnis Anda dapat berinovasi.
Menjadi pebisnis memang berarti siap menjadi pemimpin.  Memimpin orang lain dan memimpin diri sendiri.
Nah,  inilah yang paling sulit dilakukan: memimpin diri sendiri. Karena bukan sekedar memimpin diri, tapi memimpin diri menuju perkembangan yang lebih baik.  Kenapa sedemikian sulit?
Sebab seringkali kepemimpinan itu memiliki antara dua suara.  Suara kebaikan dan suara kejahatan  Jangan salah, suara itulah yang akan menjadi penentu tindakan Anda, akan menuju ke arah mana bisnis Anda dibawa.  Mau memilih memimpin bisnis ke arah kebaikan atau malah ke arah kejahatan. 
Dan jangan lupa, ketika Anda sudah memimpin bisnis menuju kebaikan –si suara jahat takkan pernah lelah mencoba untuk membelokkan jalan.  Akhirnya pengelolaan diri juga menjadi satu hal yang sangat penting. Anda wajib untuk mengelola diri agar segala sesuatu yang Anda pimpin dapat berjalan secara konsisten.
Dalam bisnis, Anda akan menjadi pemimpin tim sekaligus pengelola tim supaya tim Anda menjadi tim yang solid dan memberikan manfaat yang besar bagi banyak orang.
Pembisnis yang baik adalah Pemimpin yang baik.
Pemimpin yang baik tidak asal berbisnis.
Pemimpin yang baik bermental selalu diatas garis, selalu bertanggung jawab dan selalu pegang kendali.
Pemimpin yang baik bukan hanya memikirkan bisnis untuk kepentingan bisnisnya, tetapi bagaimana bisnis bisa dijadikan alat untuk membantu kesejahteraan orang lain, untuk berbagi apa saja, karena berbisnis adalah berbagi.
Jadi jangan asal berbisnis.  Ingatlah bahwa kemajuan bisnis Anda ditentukan oleh setiap tindakan Anda.  Selamat berbisnis, selamat menjadi seorang pemimpin!


No comments:

Post a Comment