Memiliki
belasan ribu teman di komunitas bisnis membuat saya semakin tahu masalah yang
terjadi di lapangan bagi pebisnis. Satu-persatu
training pun INDSCRIPT Training Center diselenggarakan based on story anggota komunitas
bisnis yang saya kawal.
Omzet
yang menurun
Kesulitan
mengemas strategi
Minim
networking
Konsumen
lari ke pesaing
Inovasi
yang kurang
Tapiiii...modal
terlanjur habis karena STOK yang tidak terjual, konsumen-konsumen lama malah lari
ke pesaing.
Kenapa
konsumen bisa lari ke pesaing?
Dalam
berbagai kasus, cara memprospek yang kurang komunikatif serta membuat diskusi
jadi mentok itulah yang jadi masalah utamanya.
Bisnis
adalah komunikasi
Komunikasi
dalam bisnis saat penting saat ini dan sampai kapanpun
Menghindari
larinya konsumen ke pesaing butuh komunikasi yang intens.
Anda juga jangan
langsung memprospek orang-orang yang baru Anda kenal. Usahakan berteman dulu, berkomunikasi secara
intens, agar mereka lebih terbuka terhadap Anda. Bangun kepercayaan. Tak lama lagi, tanpa Anda susah payah
memprospek, mereka akan secara sukarela membeli produk Anda.
Latihlah kemampuan dan
keterampilan berkomunikasi atau public speaking Anda. Jika perlu Anda bisa mengikuti training atau
mencari coach creative public speaking.
Dari mereka Anda akan mendapatkan banyak ilmu bagaimana teknik-teknik
closing yang jitu.
Kenalilah konsumen
Anda, termasuk juga konsumen-konsumen lama Anda. Cari tahu apa
kebutuhannya. Berikan solusi atas
kebutuhan konsumen Anda. Setelah itu
pahami apa saja yang diharapkan konsumen dari yang Anda tawarkan. Ungkapkan
dengan jelas semua informasi yang dibutuhkan.
Transfer manfaat-manfaat positif
dari produk Anda kepada mereka.
Niatkan bisnis untuk berbagi
manfaat pada semua orang. Jika niat Anda
baik, komunikasi yang Anda lakukan akan lebih lancar.
Pelajaran
berharga juga kadang-kadang saya dapatkan dari sebuah komunikasi. Saya berusaha menghindari kemarahan termasuk
mencoba untuk tidak marah. Begitupun
saat Anda menghadapi konsumen yang mengesalkan.
Memang tidak mudah mengendalikan emosi.
Namun jika kita bisa mengendalikannya, hati akan terasa sangat damai,
komunikasi pun akan lancar.
Memiliki
sikap mental untuk berpikir, bertindak, berjejaring dan berkomunikasi secara
positif dan kreatif akan mempermudah langkah kita, dimanapun, kapanpun.
Mari makin KREATIF BERKOMUNIKASI.
No comments:
Post a Comment