14 May 2016

Bisnis Butuh Mentor, Benarkah?



Meraih kesuksesan tentu menjadi impian setiap orang, apapun bidang profesi Anda.
Untuk meraih sukses bisnis butuh mentor, benarkah?
Tentu saja!  Belajar dari orang yang pernah mengalami pasang surut bisnis lalu mencapai kesuksesan adalah salah satu cara untuk mempercepat bisnis Anda mencapai sukses yang sama bahkan lebih.
Lalu, apa yang harus Anda lakukan?
Ini saatnya mencari mentor yang tepat agar kemampuan Anda kian melesat. Pilihlah mentor yang sudah melalui berbagai pengalaman hingga meraih titik sukses pada saat ini. Selain itu, juga ada baiknya mencari seorang mentor yang menawarkan pedampingan atau membuka ruang konsultasi kapan saja. Sehingga Anda bisa memanfaatkan semua peluang dengan maksimal.
Dimana Anda bisa dapatkan seorang mentor?
Perkembangan teknologi membuat siapa saja mudah berkenalan secara online dengan mentor yang sudah sukses. Anda dapat berteman lewat media sosial atau membaca tips bisnis lewat website-nya. Dari perkenalan di dunia maya tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak pelajaran praktis dalam mengembangkan potensi diri.
Setelah itu cobalah bertanya secara langsung apakah orang tersebut bersedia menjadi mentor Anda.  Apabila bersedia, tinggal Anda yang harus menjaga kepercayaan mentor dengan mengerjakan setiap sarannya.
Lewat mentoring tersebut pula, Anda bisa melakukan konsultasi ketika menghadapi masalah, mendapatkan solusi yang jauh lebih jitu, hingga rahasia dalam mengembangkan potensi.
Melalui proses pendampingan dari mentor tersebut, Anda akan mendapatkan tips praktis selama mengembangkan bisnis dengan maksimal.
Susahkah menemukan mentor yang tepat?
Tidak juga.  Mencari mentor kan tidak harus selalu dari orang yang menjalankan bisnis yang sama dengan bisnis kita.  Yang penting mentor tersebut memiliki prinsip bisnis yang sejalan dengan kita. Dengan bertemunya dua kepala tentu saja bisa memunculkan berbagai gejolak dan aneka perbedaan.
Jangan lantas jadi mundur, karena ini bisa terjadi dimana saja, bukan hanya dalam proses mentoring.  Dalam hal apapun di dunia ini yang namanya perbedaan akan selalu ada.
Prinsipnya, yang harus Anda lakukan untuk bisa belajar dengan nyaman dengan seorang mentor adalah menyediakan lebih banyak ruang di hati untuk menghadapi perbedaan.  

Tetap mempertahankan pikiran positif satu sama lain dan selalu terbuka terhadap evaluasi dan kritik tentang apa yang baik dalam bisnis kita.

No comments: