09 May 2016

Bisnis, Bukan Hanya Modal Duit

(Pemilik DaquSprey yang Selalu Semangat Belajar)


Keberhasilan suatu bisnis memiliki banyak faktor, bisa karena produknya yang memang dibutuhkan pasar, pola promosinya yang mampu menyedot peminat, SDM yang bergabung dalam perusahaan yang memang tangguh, pelanggan yang loyal dan banyak faktor lainnya yang mendukung. 
Begitu juga dengan meruginya bisnis, bisa disebabkan beragam faktor, bisa karena pelanggan yang lari ke pesaing, produk sejenis yang tak kalah menarik, kebutuhan pelanggan akan produk yang Anda miliki mulai berkurang, atau faktor lainnya.
Yang jelas, bisnis bukan hanya modal duit.
Saya sering kali me-campaign mengenai modal bisnis bukan hanya uang.  Modal yang paling penting adalah pengetahuan bagaimana bisnis berkembang.
Hampir setiap hari kita bertemu dengan sesuatu yang baru, baik yang sulit maupun yang mudah.
Ketika bertemu kemudahan tentu lebih menyenangkan.
Ketika bertemu kesulitan? Saatnya belajar lagi!
Pebisnis harus selalu upgrade ilmu karena ilmu dalam berbisnis sangatlah penting.  Sebagai modal menjalankan sekaligus mengembangkan usaha.  Pebisnis harus terus belajar karena permasalahan bisnis selalu berkembang seiring zaman.  Pebisnis jangan pernah merasa puas, harus selalu haus ilmu pengetahuan.
Modal uang tanpa pengetahuan bisa tergerus.  Tapi modal pengetahuan tanpa uang bisa jalan karena pengetahuan memandu menemukan solusi-solusi bisnis.
Dari mana Anda bisa belajar bisnis?
Banyak, bisa dari buku bisnis, e-book seputar bisnis, tips bisnis di artikel online, mengikuti kelas bisnis, menghadiri seminar bisnis atau dengan memiliki seorang mentor bisnis.
Seorang mentor?  Pentingkah?
Fungsi mentor bisnis tidak hanya memberi ilmu seputar bisnis.  Tapi, memberikan pengarahan agar usaha Anda berkembang pesat, omzetnya terus meningkat.  Selain itu hadirnya mentor juga memberikan suntikan semangat Anda untuk terus belajar dan action mengembangkan bisnis.
Bagaimana kalau dalam proses mentoring, saya dan mentor mengalami perbedaan pendapat?
Mentor akan melihat perusahaan Anda dari sisi luar, di luar kotak bisnis Anda.  Jadi mungkin saja antara Anda dan mentor Anda akan mengalami perbedaan pendapat, maka yang harus dilakukan dalam mentoring adalah menyatukan dua pendapat yang berbeda dengan satu tujuan yang sama: membuat perusahaan lebih baik dari segala sisi.


No comments: