05 May 2016

7 Tips Menjaga Bisnis Agar Terus Bertumbuh

(Bersama produk craft yang dimiliki salah satu pebisnis yang terus menjaga bisnisnya bertumbuh, Ekorini)


Seorang pebisnis wajib menggali pengetahuan agar bisnisnya berkembang pesat.  Ilmu tersebut harus dicari dan segera dipraktekkan.  Setidaknya, pebisnis harus melakukan 7 tips di bawah ini untuk menjaga bisnisnya agar terus bertumbuh :
Satu, Selalu menjaga kepercayaan diri sebagai pemimpin perusahaan.  Kebijakan seorang pebisnis sangat menentukan kemajuan bisnisnya.  Semua harus berawal dari keyakinan dalam diri sendiri mampu memimpin bisnis sampai beberapa waktu ke depan.
Dua, Mencari dan membangun tim yang solid.  Setiap bisnis tidak akan besar lewat tangan satu orang saja.  Untuk itu dibutuhkan merekrut sumber daya manusia dalam satu tim.  Selanjutnya anggaplah karyawan sebagai partner kerja yang sama-sama mengembangkan perusahaan.
Tiga, Memahami produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan.  Anda harus mengenal dengan baik seputar kelebihan dan kelemahan produk atau jasa yang Anda jual.  Semakin Anda paham, akan memudahkan dalam memutuskan langkah bisnis ke depan
Empat, Memperkuat marketing.  Walaupun setiap perusahaan memiliki tim marketing sendiri, sebagai pemilik, Anda wajib paham cara menjual barang atau menawarkan jasa.  Mulai dari memiliki ide, mengenal media promosi, kontennya sampai membuka link pemasaran.
Lima, Menentukan target bisnis.  Dengan memiliki target akan memberi motivasi bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. 
Enam, Selalu berinovasi.  Tanpa inovasi bisnis akan mati.  Selalu berusaha menciptakan hal-hal baru yang akan membuat bisnis Anda lebih unggul dari para pesaing.  Inovasi dapat dengan mudah Anda ciptakan jika Anda banyak belajar.  Jadikanlah belajar sebagai kebutuhan Anda.
Tujuh, Memaksimalkan jejaring sosial. Di era serba digital membuka pintu besar bagi pebisnis.  Terlebih kebutuhan masyarakat kepada gadget kian meningkat.  Arus informasi di dunia maya yang cepat sukses mencuri perhatian netizen.  Bagi pebisnis yang ingin selalu bertumbuh, menjadikan akun jejaring sosial sebagai alat marketing adalah wajib.  Akun jejaring sosial tidak sekedar bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau pun menjual produk Anda.  Jadikan akun jejaring sosial sebagai media mengembangkan branding Anda maupun produk Anda.  Branding yang kuat memberi dampak positif bagi pertumbuhan bisnis.
Semoga 7 tips menjaga bisnis agar terus bertumbuh ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.




No comments: