(Bersama produk jualan anggota emakpintar.asia)
Online
shop Anda tengah mengalami penurunan angka penjualan? Jangan-jangan pelanggan
Anda pindah ke Online Shop Pesaing.
Kemudahan
berbisnis lewat internet telah membuat Online Shop bermunculan seperti jamur di
musim penghujan. Siapapun bisa membuat
onlineshop. Bagaimana ya agar pelanggan
kita tidak pindah ke toko sebelah?
Berikut
adalah 5 cara pelanggan nggak pindak ke online shop pesaing
Satu,
jangan pernah menulis hal negatif tentang pesaing di internet, terlebih jika
dapat menjatuhkan bisnis pesaing. Ini
bisa membuat pelanggan malas berinteraksi dengan Anda dan lama-lama akan
menghapus Anda dari pertemanan.. Kok
bisa? Coba posisikan diri
Anda sebagai yang setiap saat membaca tulisan negatif. Rasanya nggak enak kan? Tentu Anda akan
memilih meremove orang tersebut dari friendlist. Pada dasarnya tak ada
yang suka dengan hal negatif. Dan perlu diingat tulisan negatif yang Anda posting
di dunia maya, akan terekam selamanya..
Dua,
sampaikan kalau semua tulisan tentang produk Anda di internet adalah
fakta. Ketika satu kali pelanggan mengetahui
tulisan Anda tidak benar, maka dapat menghancurkan nama baik Anda yang sekian
lama sudah dibangun.
Tiga,
selalu merespon setiap pertanyaan yang meluncur dengan cepat. Konsekuensi berbisnis online adalah Anda
harus selalu meluangkan waktu untuk membalas pertanyaan. Lalu berkomunikasilah dengan hangat. Hal ini tampak sederhana, tetapi memberi
pengaruh pada bisnis online Anda.
Berkomunikasi lewat tulisan itu berbeda dengan face to face. Anda harus pandai memilih kalimat-kalimat
yang bisa menyakinkan pelanggan Anda sekaligus menyenangkan hati mereka.
Empat,
jangan jual produk dengan hard selling, karena bisa saja pelanggan langsung
menolaknya. Berikan edukasi kepada pelanggan mengenai produk anda dalam bentuk
story telling. Jelaskan sejauh mana
manfaat yang didapat menjadi solusi masalah yang biasa dihadapi oleh pelanggan
Lima,
apabila promosi Anda ditolak atau pelanggan belum berniat membeli produk Anda,
tetap jaga hubungan baik. Karena mungkin
saja esok lusa justru pelanggan tersebut baru membutuhkan produk Anda. Atau bisa jadi pelanggan sedang
membanding-bandingkan online shop Anda dengan online shop lain. Ada baiknya Anda juga terus belajar tentang
marketing. Anda bisa mempelajari sikap,
prilaku hingga kesukaan para pelanggan masa kini. Termasuk proses pendekatan terhadap calon
pelanggan yang membutuhkan trik khusus.
Nah,
selamat mencoba!
No comments:
Post a Comment