05 May 2016

5 Cara Agar Pelanggan Nggak Pindah Ke Online Shop Pesaing

(Bersama produk jualan anggota emakpintar.asia)


Online shop Anda tengah mengalami penurunan angka penjualan? Jangan-jangan pelanggan Anda pindah ke Online Shop Pesaing.
Kemudahan berbisnis lewat internet telah membuat Online Shop bermunculan seperti jamur di musim penghujan.  Siapapun bisa membuat onlineshop.  Bagaimana ya agar pelanggan kita tidak pindah ke toko sebelah?
Berikut adalah 5 cara pelanggan nggak pindak ke online shop pesaing
Satu, jangan pernah menulis hal negatif tentang pesaing di internet, terlebih jika dapat menjatuhkan bisnis pesaing.  Ini bisa membuat pelanggan malas berinteraksi dengan Anda dan lama-lama akan menghapus Anda dari pertemanan..  Kok bisa?  Coba posisikan diri Anda sebagai yang setiap saat membaca tulisan negatif.  Rasanya nggak enak kan? Tentu Anda akan memilih meremove orang tersebut dari friendlist. Pada dasarnya tak ada yang suka dengan hal  negatif.  Dan perlu diingat tulisan negatif yang Anda posting di dunia maya, akan terekam selamanya..
Dua, sampaikan kalau semua tulisan tentang produk Anda di internet adalah fakta.  Ketika satu kali pelanggan mengetahui tulisan Anda tidak benar, maka dapat menghancurkan nama baik Anda yang sekian lama sudah dibangun.
Tiga, selalu merespon setiap pertanyaan yang meluncur dengan cepat.  Konsekuensi berbisnis online adalah Anda harus selalu meluangkan waktu untuk membalas pertanyaan.  Lalu berkomunikasilah dengan hangat.  Hal ini tampak sederhana, tetapi memberi pengaruh pada bisnis online Anda.  Berkomunikasi lewat tulisan itu berbeda dengan face to face.  Anda harus pandai memilih kalimat-kalimat yang bisa menyakinkan pelanggan Anda sekaligus menyenangkan hati mereka.
Empat, jangan jual produk dengan hard selling, karena bisa saja pelanggan langsung menolaknya. Berikan edukasi kepada pelanggan mengenai produk anda dalam bentuk story telling.  Jelaskan sejauh mana manfaat yang didapat menjadi solusi masalah yang biasa dihadapi oleh pelanggan
Lima, apabila promosi Anda ditolak atau pelanggan belum berniat membeli produk Anda, tetap jaga hubungan baik.  Karena mungkin saja esok lusa justru pelanggan tersebut baru membutuhkan produk Anda.  Atau bisa jadi pelanggan sedang membanding-bandingkan online shop Anda dengan online shop lain.  Ada baiknya Anda juga terus belajar tentang marketing.  Anda bisa mempelajari sikap, prilaku hingga kesukaan para pelanggan masa kini.  Termasuk proses pendekatan terhadap calon pelanggan yang membutuhkan trik khusus.

Nah, selamat mencoba!

No comments: