23 April 2016

Menulis Perlu Manajemen Waktu!

(Sekolah Perempuan, Sekolahnya Para Perempuan)


Saya ibu rumah tangga sekaligus penulis!
Bagi saya dan juga Ibu Rumah Tangga yang lain, manajemen waktu adalah salah satu cara bisa melakukan banyak hal dalam keseharian.  Jika waktu kita tidak dimanajemeni, dengan baik, semua yang kita anggap prioritas akhirnya akan lepas begitu saja karena bingung mau  mengerjakan yang mana dulu.
Tak hanya sekedar perlu pembiasaan untuk bisa disiplin dan konsisten pada manajemen waktu ini, Ibu Rumah Tangga Sekaligus Penulis dan siapapun itu butuh menyusun target pencapaian.
Hah? Masa sih Ibu Rumah Tangga ditarget?  Mau lebih produktif kan? Ya, perlu target!
Seperti layaknya menyusun sebuah target dalam pekerjaan, target yang kita susun ini harus dapat mendukung manajeman waktu yang sudah kita buat.  Target ini akan membangun pola kebiasaan menulis dan membantu mencanangkan komitmen menulis:
Kapan kita akan mulai menulis?
Berapa halaman yang akan kita tulis setiap hari?
Tanpa kita sadari, target ini akan mengubah lifestyle seoarang Ibu Rumah Tangga dalam menulis, karena menulis itu butuh disiplin dan dilakukan terus menerus hingga menjadi pola dan kebiasaan dalam keseharian. 
Jika seorang penulis berkomitmen menulis 5 halaman setiap hari, maka tulislah 5 halaman setiap hari.  Sehingga dalam sebulan seorang penulis bisa menghasilkan 150 halaman alias 1 buku! 
Konsisten melaksanakan manajemen waktu dan mempunyai komitmen pada pencapaian target menulis kita, akan membuat produktivitas kita dalam dunia kepenulisan dapat meningkat, tanpa membuat pekerjaan rutin kita sebagai Ibu Rumah Tangga terbengkalai.
Target kan bikin stress. Jangan pernah takut untuk menargetkan diri sendiri.  Iya memang, di dunia pekerjaan, target seringkali membuat stress, namun terkadang stress bisa membuat seseorang terpacu untuk lebih keras lagi berusaha, lebih produktif dan mencapai hasil yang lebih baik, bukan?
Awalnya mungkin akan terasa berat.  Tapi mari kita belajar, belajar terus dan setiap hari harus lebih baik. Kita benahi manajemen waktu dan capai target kita masing-masing untuk hasil yang lebih baik.



No comments: