24 April 2016

Mau Nulis? Mulai Sekarang di Facebookmu!

Kendala umum yang sering dikeluhkan saat ingin menulis adalah sulitnya memulai menulis.   Sebenarnya banyak yang ingin ditulis tapi bagaimana memulainya ya?

Jangankan penulis pemula, mereka yang sudah bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia penulisan juga masih sering mengalami ini.  Namun begitu ketemu kalimat pertama, biasanya kalimat selanjutnya akan mengalir begitu saja.

Kalimat pertama atau kalimat pembuka memang sering dianggap menjadi bagian paling penting dalam sebuah tulisan.  Kalimat pembuka seringkali menjadi penentu apakah tulisan seseorang layak dibaca sampai akhir atau tidak. 

Begitu pentingnya kalimat pembuka ini sehingga para penulis seringkali berpikir dengan keras untuk menentukan kalimat pembuka.

Mengapa harus berpikir keras? Biasanya karena takut salah.
Nah, ini sebenarnya akar permasalahan : TAKUT SALAH 

Kekhawatiran dan takut salah akan membuat ide-ide yang sudah ada di kepala tiba-tiba buyar dan lenyap entah kemana. 
Saya khawatir kalimat pembuka saya tidak menarik.”
Saya takut setelah orang membaca awal tulisan saya mereka jadi tidak berminat membaca sampai akhir.

Sekarang pertanyaan saya.  Anda pasti punya akun Facebook kan?  Sering update status?  Kalau iya, pertanyaan selanjutnya adalah apakah pada saat anda menulis status FB Anda berpikir keras dulu?  Apakah Anda merasa takut salah? 
Saya yakin jawaban Anda pasti tidak. 

Status-status FB Anda biasanya Anda tulis dengan spontan, tanpa memerlukan kerutan kening karena berpikir keras.  Iya kan?

Mau tahu penyebabnya?
Karena pada saat Anda menulis status di FB, Anda tidak pernah mempunyai ketakutan dan kekhawatiran berlebihan kalau orang bakal tidak menyukai tulisan Anda. 
Anda menyampaikan apa saja yang ingin disampaikan dengan spontan.  Mengalirkan saja semua ide-ide Anda apa adanya.  Tanpa beban.
Kalaupun setelah selesai update status, Anda merasa kalimat yang ditulis kurang pas anda tinggal mengeditnya saja, bukan?


Jadi kesimpulannya, kalau Anda memang Mau Nulis? Mulai Sekarang di Facebookmu!  Setelah itu menulislah di luar Facebook seperti cara Anda menulis di Facebook.  Biarkan kalimat-kalimat indah Anda mengalir apa adanya dan bertutur dengan bebasnya.  Jangan takut salah.  Karena kesalahan terbesar seorang penulis adalah pada saat dia tidak mau menulis.

No comments: