24 April 2016

Menjebol Penerbitan Tidak Sulit, Ini Serius!

Siapa pun bisa menjadi penulis produktif, asal percaya diri dalam menulis dan tidak malu mengirimkan karya yang sudah ditulis ke penerbit.  Susah nggak sih menjebol penerbit?


Menjebol Penerbitan tidak sulit, ini serius.  Saya sudah membuktikannya.  Begitu banyak ide di kepala dan kerap kali langsung saya tuangkan dalam bentuk tulisan.  Lalu dengan percaya diri saya kirimkan kepada penerbit. Dan ternyata, dimuat!  

Masa sih segampang itu?  Tentu saja ada tips nya.  Silahkan Anda simak baik-baik ya :
1. Kenali tulisan Anda ketika Anda akan menJODOHkannya dengan penerbit.  Penulis dan Penerbit itu jodoh-jodohan, alias cocok-cocokan.  Anda harus memahami penerbit mana yang cocok dengan tulisan Anda.  Hal ini dengan mudah Anda ketahui dengan mengunjungi situs penerbit yang Anda incar.
2. Kenali penerbit dari buku-buku yang diterbitkan.  Ada penerbit yang khusus menerbitkan buku-buku pertanian.  Untuk penerbit seperti ini, jangan sekali-kali Anda mengirimkan naskah tentang politik karena sudah pasti naskah Anda nggak akan dilirik.
3. Terus upgrade kemampuan menulis Anda setiap saat.  Belajar melalui komunitas penulis atau berguru pada penulis-penulis senior adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis Anda.
4. Bacalah buku dan lihatlah terus perpetaan perbukuan di sekitar Anda.  Buku apa yang menarik untuk ditulis saat ini. 
Sengitnya persaingan di dunia buku, membuat penerbit harus menerbitkan buku yang bukan hanya sekadar terbit namun juga harus memiliki daya jual tersendiri di pasar buku. 
5. Jangan sungkan untuk bertanya pada penerbit,” apakah Anda membutuhkan penulis dengan spesifikasi seperti saya?” Lalu mulailah mengirimkan outline sesuai jenis naskah apa yang dibutuhkan oleh penerbit dan sesuai dengan spesifikasi Anda.

Demikian tips dari saya. 
Masih belum berhasil menjebol penerbitan?  Teruslah menulis dan jangan berhenti menulis meski tulisan anda belum menemukan jodoh penerbit. Jadikan diri anda penulis yang bernilai jual, dari mengejar penerbit kini dikejar penerbit. 
Anda pasti mau kan? Ayo gerakan jemari Anda, silahkan memulai menulis dari sekarang!

No comments: