28 April 2016

Facebook Personal Jadi Nominal

buku bisnis
Tetap produktif dan bisa menjalankan peran sebagai seorang Ibu Rumah Tangga adalah idaman setiap perempuan.  Keinginan untuk berbisnis dan berpenghasilan seringkali menjadi dilema manakala dibenturkan dengan idealisme mengurus dan membesarkan anak dengan tangan sendiri.

Menjadi wanita pebisnis yang produktif bukan berarti harus meninggalkan kewajiban utama seorang perempuan.  Kehadiran internet dengan penggunaan media sosial menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut.  Berbisnis tidak melulu identik dengan meninggalkan rumah.  Berbekal sebuah gadget dan akun facebook personal, Anda bisa berbisnis dengan menyentuh pasar dunia.  Yang bahkan bisa dilakukan dari sudut rumah yang paling dikuasai oleh seorang perempuan: dari dapur.

Dalam bisnis, produk dan promosi harus sejalan.  Produk yang baik harus didukung oleh promosi yang mantap dan facebook adalah salah satu media promosi online yang sangat efektif yang harus kita manfaatkan.

Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara efektif berpromosi lewat facebook personal Anda agar bisa meningkatkan produktifitas bisnis :
1.      Update status.  Cara promosi di facebook personal paling sederhana namun efektif adalah dengan mengupdate status.  Gunakan soft selling yakni dengan cara storytelling.  Konten status yang secara tidak langsung berjualan (hard selling) lebih efektif menarik like, share dan comment dari teman-teman Anda.  Banyaknya like, share dan comment ini akan membuat status lebih lama bertahan di news feed teman-teman Anda.
2.      Mencari target market lewat komunitas di facebook.  Misalnya Anda bisnis produk kecantikan.  Masuklah ke komunitas perempuan yang sesuai dengan target market Anda.  Berkenalan dengan para anggota komunitas tersebut, add mereka sebagai teman facebook Anda.   Namun Anda perlu membatasi, jumlah teman yang di add dalam sehari.  Karena Anda akan diblokir facebook untuk meminta pertemanan jika terlalu banyak melakukan aktivitas tersebut.
3.      Meningkatkan EdgeRank.  Kegunaan EdgeRank ini adalah agar postingan terlihat di newsfeed teman facebook Anda walaupun sudah berjam-jam di posting.  Caranya adalah dengan rutin memposting, menyertakan foto/video/link serta berusaha mendapatkan like, share, dan comment sebanyak-banyaknya.  Usahakan terus berinteraksi dengan cara menjawab setiap comment maupun menyapa teman-teman yang me-like status Anda.  Ini akan menyebabkan efek viral yang membuat postingan Anda akan terus bertahan dan tersebar.

Nah, menarik bukan? Sudah siap menjadikan facebook personal jadi nominal? Sudah siap untuk jadi unggul sebagai wanita pebisnis?

No comments: