Mengajar = Update Skill


Seorang guru berkata, "Teh, setiap malam saya sibuk. Itu sebabnya saya tak sempat menulis."
Saya bertanya, "waaah, sibuk banget ya? Meski 10 menit meluangkan waktu menulis?"
"Setiap malam saya membaca ulang semua materi yang akan saya ajarkan esok hari, setiap malam saya mencari lebih banyak ilmu yang akan saya share untuk anak didik saya."jawabnya

Saya tersenyum bangga, "kalau begitu saya bangga padamu, Bu. Setiap hari ilmu yang ibu berikan pada anak-anak selalu update, setiap hari belajar lebih banyak bukan sekadar memberikan ilmu yang ada di kepala ibu saja. Saya bangga, bu, sungguh." Jawab saya.
"Ilmu yang ibu dapatkan setiap malam, jangan lupa dituliskan, meski itu hanya beberapa kata saja. Sejarahkan setiap update ilmu Anda." Pesan saya.


Saya pun teringat dengan sibuknya saya setiap akan mengajar. Kadang saya gemetar sendiri sebab merasa ilmu yang saya miliki mungkin saja belum update, tapi tetap harus mengajar.
Akhirnya memang saya memosisikan diri sebagai pengajar yang juga sedang sama-sama belajar dengan peserta training sehingga sebelum mengajar saya pun harus belajar dan saat mengajar saya pun belajar.

No comments:

Post a Comment