26 January 2014

Era Kebangkitan Blogger Indonesia

Saya sebetulnya baru saja mengenal sosok perempuan ini melalui email yang datang ke agensi naskah kami. Kemudian kami berbicara melalui skype dan akhirnya bertemu  di darat selang berapa lama.
Pada pertemuan pertama kami saat itu, mulailah saya menyerap energi Mubarika Darmayanti dari obrolannya di dunia IT.

Bagi perempuan muda kelahiran Makassar ini, dunia internet adalah dunia yang amat mendarah daging baginya. Kepiawaiannya dalam memainkan teknologi dunia maya membuatnya cukup dikenal di wilayah penduduk social media, terutama para blogger.

Founder dari digital agency IDBlogNetwork ini bukan hanya dikenal sebagai perempuan yang berbicara tentang sebuah etika yang baik dalam menggunakan internet. Mubarika mengajak semua blogger untuk berpenghasilan besar namun tetap dengan cara yang sehat.

“Tidak mudah membangun pola pikir seperti itu. Sebab saya harus berbenturan dengan sebagian besar orang yang menggadaikan kredibilitasnya demi uang.” Ujarnya.  Namun, ketidakmudahan itu justru membuatnya tertantang. Dan hingga kini, peran beliau tidak bisa dikatakan kecil untuk kebangkitan blogger Indonesia serta komunitas online di Indonesia. Mubarika memadukan kepiawaian dalam IT dengan pergerakan edukasi di dunia maya.

Ibu dari satu anak ini mengaku peran ini diambilnya semata-mata karena kepeduliannya untuk Indonesia. “Indonesia berpotensi besar untuk mendorong perkembangan para pemain di dunia maya, penulis, blogger, serta banyak komponen lainnya dengan cerdas. Hobi ngeblog saya menjadi titik awal ide bisnis di bidang digital agensi ini.”

Dengan menggunakan layanan PpC (Pay Per Click), PpA (Pay Per Action), dan PpP (Pay Per Post) bagi blog yang berkualitas, Mubarika mengatakan blogger bisa menjadi sebuah profesi yang menjanjikan.
Mubarika merupakan jebolan Ilmu Komunikasi Universitas Hasanudin, Makasar pada tahun 1995. Karirnya dimulai di AdMax, Femina Group, Kompas Gramedia dan kemudian menjadi founder IdBlogNetwork di tahun 2010.

Mubarika, sosok perempuan cerdas masa kini!

No comments: