03 January 2014

Benarkah MULTIPERAN Memicu Stress?


Aktivitas Ibu Rumah Tangga memang seabreg-abreg, mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur tidak lepas dari aktivitas fisik. Mulai dari mengurus rumah, mengurus anak, mengurus kebutuhan suami, bahkan lkupa mengurus dirinya sendiri.
Suami: Bu, kok belum mandi?
Istri: Masih berantakan di rumah, nggak sempet mandi
Suami: Mending mandi dulu dooong
Istri: Nanti aja kalau semua udah beres (*dalam hatinya bertanya kapan beresnya)
Suami: Kalau gitu nggak bakalan bisa mandi deh
Istri: Coba ayah jadi aku pasti juga kayak gini, udah siang nggak sempet mandi *ngedumel
Pernah merasa tidak sempat walau hanya untuk mandi saking sibuknya di rumah? heeem, saya rasa kita semua pernah ya :).
Bukan hanya Anda, sayapun kadang demikian, akhirnya kembali pada tulisan awal saya http://edukasi.kompasiana.com/2014/01/02/produktifnya-perempuan-berawal-dari-rumah-623414.html bahwa manajemen waktu menjadi sangat penting dalam hal ini. Tanpa manajemen waktu Anda akan dihantui satu penyakit yang hampir menyerang banyak orang, baik itu ibu rumah tangga, profesional, bahkan mereka yang tidak memiliki aktivitas sekalipun yaitu STRES.
Multiperan merupakan aktivitas dalam berbagai sisi kehidupan baik di dalam keluarga, di luar rumah (*bekerja, misalnya), hingga dirinya sendiri mau tidak mau akan memicu stres jika tidak dimanajemeni waktunya dengan baik.

TIPS manajemen waktu:

1. Manakah yang PALING PRIORITAS. Buatlah 3-5 kegiatan Anda yang paling prioritas. Mungkin di awal Anda merasa semua aktivitas Anda adalah aktivitas prioritas. Namun, sebetulnya TIDAK semua harus Anda kerjakan di urutan AWAL. Pilihlah…

2. Pilihlah yang PRIORITAS. Setelah paling prioritas, di urutan kedua Anda memasukkan kegiatan prioritas. lengkapi juga dengan berapa lama waktu Anda mengerjakan aktivitas ini.

3. Buang kegiatan yang TIDAK PENTING. setelah melist aktivitas paling prioritas dan prioritas, apakah Anda merasa ada kegiatan yang tidak penting namun Anda masukan dalam keseharian? CORET SAJA! Aktivitas tidak penting ini adalah aktivitas yang Anda lakukan namun tidak BERMANFAAT, misalnya menonton sinetron, gosip, merumpi dengan tetangga, atau mungkin aktivitas lainnya.

4. Masukan “ME TIME”. Meski Anda punya seabreg kegiatan di rumah atau di luar rumah karena misalnya Anda bekerja atau menjadi mompreneur, Anda tetap harus memasukkan jadwal ME TIME dalam keseharian Anda. Tidak perlu lama-lama, cukup 10 menit misalnya hanya untuk minum teh sambil baca buku, creambath di rumah, atau misalnya MENULIS ^^

Jadi, jelas sekali ada kaitannya antara MULTIPERAN dan STRES. Multiperan yang artinya melakukan begitu banyak peran atau aktivitas tentu saja akan memicu stress jika tidak melakukan manajemen waktu dengan baik. Jika, Anda sudah melakukan manajemen waktu maka multiperan Anda justru akan melesatkan PRODUKTIVITAS Anda dengan cepat. Jadi, banggalah dengan multiperan Anda saat ini, sebab dengan multiperan yang Anda emban, Anda sudah masuk dalam kategori perempuan luar biasa!

#salah satu buku duet Indari Mastuti dan Julie Nava

No comments: