04 November 2013

KOMUNITAS di TAHUN 2014



Pada satu waktu saya mendapatkan undangan dari salah satu institusi pemerintahan. Salah satu poin yang dimunculkan adalah bahwa mereka akan membentuk satu komunitas sebagai corong informasi kebijakan. Saya mengajukan pertanyaan, "Kenapa harus membentuk? kenapa tidak membina? karena komunitas di Indonesia saat ini sudah semakin menggeliat bahkan mereka melesat lebih cepat dari pemerintahan." ujar saya.


Terkait dengan hal ini, di tahun 2014, adanya komunitas akan semakin dilirik oleh beragam kepentingan. Bagaimana tidak, dalam komunitas yang didirikan karena CINTA akan menggelinding membesar secara alami dan terus membesar seiring dengan semakin berpengalaman sang founder dalam mengelola ratusan, ribuan, hingga ratusan ribu orang didalamnya. Dengan banyaknya pendukung didalamnya, beragam HAL POSITIF bisa digerakkan di dalam komunitas.


Pada beberapa hari lalu, salah satu penjelasan dari seseorang yang berpengalaman di dunia perbukuanpun menyatakan bahwa komunitas menjadi sesuatu yang semakin "seksi" untuk terus bertumbuh dan berkolaborasi dengan banyak industri.
Lantas, sudah siapkah komunitas di Indonesia menangkap peluang ini? sudah siapkah berbagai industri melihat keseksian komunitas untuk diajak berkolaborasi? sudah siapkah pemerintah mengajak komunitas menjadi corongnya?
Satu hal yang pasti, komunitas yang berdiri harus terus berjalan dengan beragam penyempurnaan didalamnya untuk menjadi komunitas yang bukan hanya tempat berkumpul tapi juga ruang BERPRESTASI.

Salam berkomunitas,
Indari Mastuti Full
Founder Ibu-ibu Doyan Bisnis.
Founder Ibu-ibu Doyan Nulis - Interaktif.
Founder Sekolah Perempuan.




No comments: