DENGARKAN...

Sejak memutuskan untuk menggeluti dunia sales. Telinga saya jadi lebih banyak mendengar dibandingkan berbicara, khususnya dalam hal komplain 

Sebagus apapun produk selalu ada pro dan kontra, apalagi urusan human error selalu saja terjadi tanpa kita duga. Sebaik-baiknya kita mengurus klien---selalu ada yang miskom.

Pada kondisi ini, telinga harus siap menjadi telinga gajah, menjadi besar dan menyerap semua yang didengar. Meski mungkin kita ingin menyanggah --- kita tidak perlu menyanggah hanya dengarkan saja.
Setelah mendengarkan baru kita mulai mengkaji yang salah dari pelayanan kita dan bisnis kita. tugas selanjutnya adalah benahi, benahi, dan benahi...


Konsep mendengar ala sales ternyata sangat bermanfaat dalam kehidupan saya saat ini, dalam berkomunitas, dalam bertetangga, dalam berkeluarga, dan dalam banyak hal.
Telinga memang diciptakan dua karena manusia harus lebih banyak mendengar daripada berbicara...

#berbagikisah

No comments:

Post a Comment