18 February 2013

Personal Brand VS Gue Banget!

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih yang disebut dengan “personal brand”? Coba perhatikan para tokoh terkenal, baik dari bidang politik, bisnis, pemusik, bintang film, atau atlet olahraga. Mereka memiliki sebuah ciri atau karakter yang khas dan unik, yang membuat mereka dikenal. Mungkin Anda terpikir untuk membuat personal brand bagi diri Anda sendiri, tapi kemudian terpikir oleh Anda, apakah ada bedanya antara personal brand vs gue banget?

Personal brand merupakan sebuah cara membangun citra di mata orang lain, melalui sebuah “merek” yang mewakili karakter, nilai, dan visi Anda.  Karakter atau ciri khas yang dimaksud bisa berupa penampilan, cara bicara, hobi, minat, sifat-sifat atau kepribadian, apa yang dikerjakan, serta apa prestasi yang diraih. Dengan membangun personal brand, Anda membangun sebuah citra seperti apa Anda ingin dikenal dan dipersepsikan oleh orang lain. Dan ketika Anda memperkenalkan personal brand Anda, Anda akan menampilkan sesuatu yang Anda definisikan sebagai “gue banget”. Jadi, dapat dikatakan, antara personal brand vs gue banget itu adalah sesuatu yang sama.

Untuk menemukan brand Anda, tentunya memerlukan proses. Bangunlah personal brand Anda berdasarkan kepribadian Anda sendiri, bukan meniru dari orang lain. Anda boleh belajar dari para tokoh yang memiliki personal brand yang kuat, namun jangan meniru mentah-mentah brand mereka. Ciptakan brand yang merupakan cerminan diri Anda, baik dari karakter, nilai-nilai yang dianut, maupun minat dan cita-cita Anda. Temukan keunikan yang menjadi ciri khas Anda (atau bisa dikatakan “gue banget” bagi Anda), yang membuat orang akan mengenali brand Anda dengan cepat ketika ciri khas tersebut disebutkan.

Ketika Anda sudah menemukan personal brand Anda, pertahankan brand tersebut secara konsisten. Personal brand akan tahan lama jika dipandang positif oleh orang lain, sehingga tonjolkan brand Anda dengan karakter dan nilai-nilai yang positif dan bisa diterima oleh orang lain. Tunjukkan bahwa Anda memiliki kinerja yang baik, sehingga brand Anda pun akan semakin kuat dan semakin dikenal. Dan ketika personal brand Anda sudah sangat kuat, Anda tidak perlu mempermasalahkan mengenai perbedaan antara personal brand vs gue banget, karena personal brand Anda adalah sesuatu yang “gue banget” bagi Anda.


Personal Branding Agency, Indscript Creative
Indscript.creative@gmail.com
@indscriptco
Bb: 28D248C8

No comments: