04 January 2012

KELOLA STRESS!

Hampir maghrib saya baru tiba di rumah. Sesampainya di rumah sangat sumringah karena taman bacaan bener-bener terlihat lebih fresh . Setelah beristirahat sebentar, saya mengobrol dengan salah satu tim Indscript Redaksi mengenai ini dan itu, obrolan semakin hangat ketika tim yang lain ikut.
Obrolan kali ini tentang mengelola stress dan emosi . Topik ini saya sukai, sebab banyak kasus seru tentang pengelolaan dua hal ini. 


STRESS! semua orang memiliki tingkat stres dalam menghadapi persoalan (kalo lagi seneng kan nggak ada stres ^^), yang berbeda adalah tinggi rendahnya dan bagaimana mengelolanya.
Karyawan punya tingkat stress sendiri ketika berhubungan dengan loading pekerjaan, hubungan internal dengan sesama karyawan, ataupun hubungan dengan si bos dan pemilik perusahaan. Bagaimana mengelolanya? tergantung si karyawan itu sendiri, mau temenan ama si stress dengan terus memikirkan stress tanpa ada solusi, mau mencaci maki, atau mau berkompromi melenyapkan stress dengan komunikasi.


Persahabatan juga memiliki tingkat stress ketika dua pemikiran beradu dan menimbulkan konflik. Bagaimana mengelolanya? tergantung si sahabat, memilih meretakkan persahabatan untuk mengurangi stress atau berdamai dengan perbedaan.
Pemilik perusahaan memiliki tingkat stress cukup tinggi, dia harus memikirkan banyak hal dari banyak sisi. Bagaimana mengelola perusahaan untuk tumbuh, bagaimana mengelola karyawan dengan berbagai karakter, hingga bagaimana menyelesaikan persoalan internal eksternal yang semuanya menjadi prioritas.


Siapapun dan apapun pekerjaan kita STRESS memang mengintai kita semua. Kelola stress Anda menjadi sebuah TANTANGAN untuk MENYELESAIKAN SEGALANYA dengan baik. Jadikan stress Anda menjadi STRESS yang POSITIF!

Salam Hangat,
Indari Mastuti

No comments: