10 January 2006

DIARYMU Di Bulan Januari

Januari
MY NEW YEAR (I hope) MY NEW LIFE

1 Januari
MY NEW YEAR (I hope) MY NEW LIFE
Setiap bergantinya tahun kamu selalu berharap bahwa tahun depan lebih baik. Tapi, seringkali kamu lupa untuk merencanakan apa saja yang akan kamu lakukan agar tahun depan MEMANG lebih baik. Jika memang kamu berharap tahun baru akan menjadi awal kehidupan baru, kenapa kamu tidak mengupayakannya secara terencana?

2 Januari
RENUNGAN di Tahun Kemarin
Nggak ada salahnya juga kalo pergantian tahun menjadi ajang untuk mengevaluasi diri kamu di tahun kemarin. Kalau perlu kamu boleh kok mencatatnya dengan lebih terperinci.
PRESTASI yang aku dapatkan adalah :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..
PENGALAMAN BURUK yang aku terima adalah :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..




3 januari
Apa yang ingin kamu CAPAI di tahun ini
Kalau kamu pengen tahun ini jadi tahun yang lebih baik dibandingkan tahun kemarin. Berarti, kamu adalah manusia yang akan diberikan kesuksesan. Tapi keinginan saja tidak cukup tanpa usaha dan kerja keras. So, CATAT aja dulu keinginan apa saja yang pengen kamu capai, lantas kamu cari cara bagaimana mencapainya.
KEINGINAN atau TARGET aku tahun ini adalah :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..

4 Januari
Hal POSITIF yang kamu miliki
Ini adalah hal POSITIF yang aku miliki
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..



5 Januari
Hal KEKUATAN yang kamu miliki
Ini adalah KEKUATAN yang aku miliki dan bisa mendukung terwujudnya keinginanku di tahun ini :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..


6 Januari
MIMPI? Bolehkah?
Siapa bilang mimpi itu salah! Mimpi justru yang akan membawamu ke langit. Membuatmu menjadi orang yang di atas rata-rata. Apa kamu nggak inget sama
mimpi Columbus untuk menemukan benua Amerika, atau si jenius Albert Einstein. Memang mereka bisa melegenda hingga sekarang tanpa mimpi? Tidak! Mereka adalah orang yang bermimpi dan berusaha keras merealisasikan mimpi-mimpinya dan mereka BERHASIL!

7 Januari
Lantas, Siapa PENDUKUNG kamu?
Kamu tidak sendirian lho di dunia ini, kamu punya orang tua, kakak, adik, teman, sahabat, kerabat, dan tentu saja Tuhan. Tapi, diantara mereka semua kira-kira Siapa ya yang bakalan jadi pendukung kamu untuk membantumu mewujudkan keinginan-keinginanmu di tahun ini? Bukan sebagai pemberi support secara materil, tapi lebih sebagai pemberi kekuatan agar kamu tetap bersemangat

menggapai segalanya.
PENDUKUNG aku :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..

8 Januari
KEINGINAN berbanding seimbang dengan KEMAMPUAN
Keinginan jelas ada, nyali nggak kalah gede, tapi SESUAI juga sih dengan kemampuan yang kamu miliki. Memang sih orang bijak mengatakan bahwa manusia yang sukses pun hanya menggunakan sebagian kecil dari potensi sebenarnya. Jadi, buatmu nggak ada salahnya bermimpi sangat indah, bukan? Huuum, oke, oke, tapi sekedar nasehat yang bijak, aku ingin kamu menghitung saja mimpi-mimpi yang paling mungkin bisa kamu capai. Tidak selalu harus sangat sederhana tapi juga jangan terlalu mustahil untuk bisa diwujudkan. Hidup memang tak kenal kemustahilan, tapi, lagi-lagi kamu harus REALISTIS!



9 januari
Hemm, apa aku bisa SEBERUNTUNG dia?
Memangnya BERUNTUNG itu ukurannya apa bagimu? Banyak duit, cantik, hidup mewah, atau apa? Bagi aku, beruntung itu adalah ketika aku bisa mensyukuri sekecil apapun yang dihadiahkan Tuhan untukku.Rasanya percuma kok, aku diberikan apa saja, tapi aku masih merasa tidak puas. Sebab, ketidakpuasan itu akan menyiksaku. Menurutmu bagaimana?

1O Januari
Baiklah, Kita mulai dengan KEYAKINAN
Kayaknya percuma saja kalo kamu punya banyak keinginan untuk mengubah hidupmu di tahun ini tapi kamu nggak punya KEYAKINAN untuk bisa mengubahnya. Sekali lagi, PERCUMA! Kamu tahu nggak, keyakinanlah yang sesungguhnya dapat merubah hidupmu. Ketika kamu yakin kamu bisa, maka kamu bisa!

11 januari
Kalau dia BISA kenapa aku TIDAK!
Kamu melihat kalau sahabatmu itu hebat. Semua orang memuja kehebatannya. Kamupun terkagum-kagum padanya. Kamu ngiri kan? Ayo ngaku! Tapi, nggak perlu ngiri kok. Ngiri doang nggak ngefek sama hidupmu! Kalau dia saja bisa hebat,
kenapa kamu tidak bisa jadi hebat juga?

12 januari
Masalahnya STANDAR kalian berbeda
Sering juga sih aku bertanya-tanya sama diriku sendiri. Kenapa aku BEDA sama yang lain? Masalah perbedaan itu seringkali mengganggu pikiranku. Kayaknya kamu juga sering merasa seperti itu kan? Tapi, syukur aku sudah punya jawabannya sekarang. Ternyata manusia memang diciptakan dengan standar sendiri-sendiri. Tuhan menciptakan manusia lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda satu sama lain. Coba saja bayangkan ketika semua manusia menjadi dokter, memangnya siapa yang jadi pasiennya?

13 Januari
10 HAL yang tidak boleh dilanggar
Tentunya untuk sebuah perubahan kamu harus menetapkan peraturan-peraturan yang secara disiplin bisa kamu terapkan. Tentu saja, kamu sendiri yang paling tahu apa saja ya hal yang sebenarnya kamu tahu itu tidak baik tapi masih juga kamu langgar.
Sepuluh hal yang tidak boleh dilanggar :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..
6……………………
7…………………..
8…………………..
9……………………
10…………………..


14 Januari
Oke..oke…berpikirlah POSITIF untuk semuanya
Oke..oke…kita semua pernah mengalami masa sulit di tahun kemarin. Tapi, bukan berarti kamu memandang hari depan sedemikian keruh! Memangnya kamu cuman punya kacamata hitam, yang membuat semua kelihatan gelap?! Di toko banyak juga kan kacamata bening yang membuat pandangan kita jernih? Kenapa kamu tidak membelinya satu?Maksudnya adalah bahwa ketika kamu sudah berpikir jernih dan positif atas segala yang sudah terjadi dan akan (diharapkan) terjadi pada hidupmu maka semuanya akan menjadi positif.

15 Januari
Kayaknya SEMANGAT juga penting!
Beberapa orang bisa bersahabat dengan orang lain karena semangatnya! Tenessee Wlliams, mengatakan bahwa semangat adalah hal terpenting dalam hidup. Aku setuju dengannya, sebab tanpa adanya semangat mana mungkin kamu bisa bergairah dalam hidup?

16 Januari
Ya..ya..ya..AKU HARUS BERUBAH
Satu-satunya yang paling abadi dalam hidup adalah perubahan. Kita saja melalui metamorfosa yang cukup mengesankan, dari bayi ke balita ke anak-anak dan kini remaja. Kebayang nggak kita juga akan menjelang dewasa, lantas menjadi tua? Usia kita berubah, masa hidup kita tidak berubah?
Nah, sekarang coba kamu tuliskan apa saja sih yang harus kamu rubah dalam hidupmu :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..

17 Januari
MENYESAL? Uuugh..nggak usah deh!
Hiks..nangis karena penyesalan mengingat kesalahan atau kegagalan di tahun lalu sih sah-sah saja asal jangan bablas angine, artinya kebangetan nyesalinnya. Menyesal, boleh! Tapi bukan berarti penyesalan itu akan membuat kita takut untuk melangkah. Ingat, masa depan di sana membentang begitu indah. Kamu hanya tinggal berjalan ke arahnya.

18 Januari
GAGAL?siap nggak ya?
Bahwa kegagalan adalah guru yang terbaik itu adalah pepatah yang 99% bisa dipertanggungjawabkan. Kenapa? Sebab dengan merasakan kegagalan kita semakin tahu apa yang harus kita lakukan ke depannya. Kayaknya malah nggak jamannya lagi deh kamu takut sama gagal. Peduli amat di tahun lalu kamu banyak mengalami kegagalan, karena bukankah dari sana kamu semakin tahu mana yang boleh kamu lakukan atau tidak boleh kamu lakukan? Kamu sudah belajar banyak dari kegagalan, salah satunya untuk bangkit setelah terpuruk! Kamu hebat!

19 Januari
Lantas, apakah IMPIANKU akan tercapai?
Tentu saja impianmu akan tercapai dengan baik jika kamu mengupayakan untuk mencapainya! Jangan jadi pemimpi saja, tapi kamu harus menyeimbangkannya dengan menjadi perealisasi mimpi.Yang harus kamu lakukan hanya menerima tantangan yang diberikan hidup untuk meraih mimpimu. Ayo, pejamkan matamu dan bayangkan apa yang akan terjadi denganmu lima tahun ke depan, apa yang kamu inginkan pada saat itu. Bermimpilah sesukamu, sebab Julia Robert, seorang aktris peraih Oscar yang beken itu, saat remaja selalu pusing dengan kawat gigi dan ukuran dada yang rata. Siapa yang bisa membayangkan jika dia akan menjadi bintang besar!Masih tersedia banyak waktu untuk mewujudkan mimpi-mimpimu sebab kamu adalah keajaiban. Kamu unik. Kamu bisa menjadi seorang Shakespeare, Michaelangelo, Beethoven. Kamu memiliki potensi untuk apa pun.[1]

20 Januari
Tapi, Aku TAKUT memulai!
Aku lebih menghargai orang yang mengalami kegagalan, sebab buatku orang-orang yang tidak pernah gagal adalah orang yang tidak melakukan sesuatu pun dalam hidupnya. Kamu piker apakah rasa takut itu akan memberimu banyak manfaat? Ketakutan itu akan membuatmu aman dari gagal? TIDAK! Sebab ketakutan hanya akan membuatmu jalan di tempat dan membuatmu jauh tertinggal dari orang-orang yang berani mengambil resiko dalam hidupnya. Mencoba hal-hal baru sesungguhnya sangat menyenangkan. Coba saja!

21 Januari
Ayo, maju..MAJU..terus maju!
Pada saat-saat tertentu kita memang merasa ciut dengan keadaan kita, tapi apakah ini berarti kita akan mundur atau berhenti berjuang?TIDAK! sebab Indonesia bisa merdeka karena para pahlawan kita dan seluruh rakyat Indonesia tidak pernah berhenti untuk maju dan berjuang. Pada dasarnya, kita semua adalah pejuang. Aku, kamu, dan kita semua kalau mau “maju” ya harus terus maju. Ayo, mau..MAJU…terus maju!

22 Januari
KESEMPATAN pasti akan selalu ada
Aku nggak setuju ketika ada yang bilang bahwa kesempatan emas itu tidak dating dua kali. Aku menyakini bahwa ketika kita tidak mendapatkan kesempatan yang satu, maka kesempatan yang lain sudah menunggu kita. Ketika, kamu merasa kesempatanmu untuk masuk Indonesian idol tahun kemarin gagal, kamu harus tahu bahwa tahun ini audisinya akan segera dimulai. So, Siapa yang tahu kali ini kamu akan menjadi pengganti si suara emas Mike Idol?





23 Januari
Kebiasaan BAIK yang ingin kukembangkan
Sebab Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan. Maka, sudah pasti selain hal yang tidak kamu sukai dalam hidupmu, kamu memiliki hal yang kamu sukai. Kebiasaan-kebiasaan baik yang kadang membuat teman-temanmu iri padamu.
Kebiasaan BAIK yang ingin kukembangkan adalah :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..

24 Januari
Kebiasaan BURUK yang ingin kuhilangkan
Nggak perlu berkecil hati juga sih ketika di tahun kemarin, kamu hanya berjanji palsu untuk bisa menendang semua kebiasaan burukmu. Siapa tahu tahun kemarin niat dan usahamu saja yang kurang optimal. Tapi, alangkah baiknya jika kamu mencatat kebiasaan-kebiasaan buruk yang ingin kamu hilangkan.
Kebiasaan BURUK yang ingin kuhilangkan adalah :
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..

25 januari
Bukankah Allah akan merubah NASIB umatNya ketika umatNya berusaha untuk merubah NASIBnya?
Sedih karena merasa hidupmu tidak berguna? NGAPAIN! Sedih nggak bikin hidupmu tambah baikan. Tuhan hanya akan merubah nasib kamu ketika kamu pun mengupayakan perubahan itu! Jangan kamu kira segala yang indah itu bisa kamu dapatkan semudah membalikkan telapak tangan.Nggak mungkin! Kamu harus mengupayakan perubahan lebih baik untuk masa depanmu, dan biarkan Tuhan membantumu.




26 januari
Ada LANGIT dan BUMI, aku bisa bercermin pada mereka berdua
Daripada nelongso ketika melihat langit alias orang-orang yang kamu anggap ‘lebih’ darimu, ada baiknya kamu juga mengingat bumi yang kamu injak agar kamu berpikir seimbang. Hidup ini kan butuh keseimbangan. Ada tanah yang dipijak, ada langit yang di tatap.

27 januari
Aku yang MENGENDALIKAN HIDUP, bukan HIDUP MENGENDALIKAN aku
Nah, mulai sekarang kamu jangan berpikir bahwa kamu paling menderita karena hidupmu karena bukan hidup yang membuat kamu menderita tapi kamulah yang membuat hidupmu menderita. Jangan kamu pikir, caramu memandang hdiup tidak berpengaruh dalam hidupmu. Itu sangat berpengaruh, non! Ketika kamu dikendalikan oleh hidupmu, maka yang terjadi adalah kamu kehilangan kekuatan untuk tumbuh dan berkembang. Namun, ketika kamulah yang mengendalikan hidupmu, maka kamu akan tumbuh dan berkembang, sebab kamu merasa bertanggungjawab karenanya!

28 januari
10 hal yang tidak bisa DITOLERANSI dalam hidupku
Kamu tidak suka pelecehan dan kamu tidak bisa mentoleransi apabila kejadian itu ada di depan matamu. Kalau begitu, apa yang akan kamu lakukan jika itu terjadi dan apa saja yang tidak bisa kamu toleransi lagi. Membuat daftar hal tersebut akan membuat dirimu lebih hati-hati dalam bertindak,sebab kamu memasukkan daftarnya bukan sebagai tindakan orang lain terhadapmu tapi juga akan membuat kamu lebih mawas dalam bertindak pada orang lain.
10 hal yang tidak bisa ditoleransi dalam hidupku adalah ;
1……………………
2…………………..
3…………………..
4……………………
5…………………..
6……………………
7…………………..
8…………………..
9……………………
10…………………..





29 Januari
Beberapa alasan DUNIA itu INDAH
Sebab Tuhan tidak pernah memintamu membayar kenikmatan yang sudah Dia berikan padamu.misalnya, UDARA yang kamu hirup.
Sebab Tuhan tidak pernah membiarkan kamu hidup sendirian di dunia ini. Lihat saja kamu punya banyak orang yang bisa membuatmu merasa senang. Misalnya, KELUARGA
Sebab Tuhan tidak pernah membuatmu benar-benar tidak berguna. Coba kamu perhatikan, biar kakimu tidak bagus, tapi masih bisa kamu ajak jalan ke tempat-tempat yang kamu sukai. Misalnya, MALL!
Dan masih banyak lagi yang membuat dunia itu tidak seburuk yang kamu bayangkan!!

30 januari
Well, I’ll try to LOVE MY LIFE!
Puih, beberapa hari untuk merumuskan hidupku bukan sesuatu yang gampang. TERNYATA, aku adalah manusia yang Tuhan ciptakan sama beruntungnya seperti Agnes Monica, Krisdayanti, atau Siapa pun. TERNYATA, aku punya sedikit saja kekurangan dan begitu banyak kelebihan. Aku beruntung!

31 Januari
MASA DEPANku
Di depan sana masih banyak yang harus aku kerjakan untuk meraih masa depanku. Aku tidak boleh menyia-nyiakannya. Masa depan ada di tanganku!

No comments: