21 December 2005

Buat RENCANA

"Lakukan apa yang mampu kamu amalkan. Sesungguhnya Allah tidak jemu sehingga kamu sendiri jemu." (HR. Al Bukhari)

Buatlah rencana jangka pendek dalam pencapaian target yang ingin kamu raih satu persatu. Misalnya kamu ingin membuat karya tulis dengan deadline satu bulan. Maka langkah-langkah pengerjaannya harus kamu susun secara sistematis mulai dari waktu pengumpulan data hingga pengetikannya sehingga waktu pembuatannya tepat satu bulan. Perhatikan waktu yang kamu pakai dalam menyelesaikan masing-masing langkah. Dengan menggunakan rencana yang kamu susun maka besar kemungkinan kamu akan lebih tepat dalam memperkirakan penyelesaian karya tulis tersebut dan kamu tidak akan dihinggapi penyelesaian 'kejar tayang' yang memungkinan membuat karya kamu asal-asalan.
Ani kini duduk di kelas satu SMA, sekeluar SMA nanti dia ingin melanjutkan kuliah kedokteran. Untuk mencapai keinginannya itu, dia mulai membuat rencana-renca jangka pendek dan jangka panjang untuk pencapaiannya. Misalnya saja dia mempersiapkan diri untuk mempelajari bidang studi yang bisa mendukung nilai-nilainya untuk masuk ke kelas IPA, mengikuti les-les untuk menambah kemampuannya, dan mulai mepelajari sedikit demi sedikit tentang dunia kedokteran. Proses yang dicanangkannya akan mendukung pencapaian rencana yang akan diwujudkan Ani dan diharapkan dapat meminimalisasi kegagalan.
Perencanaan adalah menentukan tujuan dari pekerjaan tertentu, menentukan cara-cara yang harus ditempuh untuk mewujudkan tujuan-tujuan ini dengan mengerahkan kemampuan semaksimal mungkin dengan pengorbanan seminimal mungkin. Perencanaan adalah cara yang memindahkan kamu dari satu langkah ke langkah yang lain yang sesudahnya dari satu tahapan ke tahapan yang lebih maju dengan cara yang dipilih oleh kamu dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Penguasaan waktu dan perencanaan yang maju dapat mencegah kegagalan. Rencanakanlah untuk hari ini dan esok!
Buat rencana sempurna hidupmu dengan :
Pertimbangkan untuk membuat jadwal harian yang seimbang
Usahakan memiliki jadwal waktu yang tersusun baik
Kembangkan kebiasan menulis kegiatan
membuat rencana mingguan, bulanan, bahkan tahunan
Tinjaulah jadwal yang sudah dan akan kamu kerjakan
Ketahui tugas dan kewajiban serta tanggung jawab dari rencana yang kamu susun
Carilah dukungan. Cari empat atau lima orang yang mau mendrongmu untuk mewujudkan rencana yang kamu buat.

No comments: