21 December 2005

Belajar dari KEGAGALAN

"Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula tertimpa musibah." (HR. Al Bukhari)

Sukses itu perlu proses yang tidak mudah! Kalau kamu ingin maju, ingin sukses, maka kamu harus melakukan sesuatu yang lebih dari biasanya. Banyak hal yang akan merintangi kesuksesan. Salah satunya adalah kegagalan. Namun kamu enggak perlu takut untuk gagal karena kamu bisa belajar dari kegagalan. Bahkan menghidari kegagalan berarti kamu menghindari kesuksesan.
Seorang gadis berkulit hitam yang memulai debutnya di Town hall, New York, dalam usia yang begitu muda. Ia sebenarnya belum siap untuk tampil di Town Hal, - dilihat dari pengalaman maupun kepribadiannya. Ia mendapat kritik habis-habisan. Ia kembali ke kotanya di Philadelphia dengan menanggung malu. Tadinya ia menerima sumbangan dari anggota gerejanya untuk apa yang mereka sebut sebagai "dana masa depan Marian Naderson" Dan setelah kegagalan itu, ia tak berani menghadapi teman-teman dan guru-gurunya.
Rasa malu dan putus asa yang dialami oleh penyanyi itu berjalan lebih dari satu tahun. Tapi ibu marian Anderson tak pernah putus asa. Ia terus mendorongnya dan mengatakan bahwa kegagalan itu sementara dan meyakinkannya bahwa kegagalan itu terus mendorongnya. Begitulah, pada suatu hari nasehatnya itu berhasil juga diterima oleh putrinya. Kata si ibu, "Marian, kebesaran itu haruslah didahului oleh keikhlasan. Cobalah renungkan kekalahan ini beberapa saat dan berdoalah yang banyak." Ketika mengenang peristiwa tersebut, si penyanyi besar (yang kemudian hari banyak menolong penyanyi lain untuk bangkit dari kekecewaan yang mendalam seperti yang pernah dialaminya) berkata, "Apapun yang terjadi pada suara saya; saya memiliki keyakinan. Keyakinan dan kata-kata ibu, 'kebesaran itu selalu didahului oleh keikhlasan'"
Charles Knight mengatakan Anda tidak akan berhasil melakukan inovasi apa pun, jika Anda tidak rela menerima kegagalan.
Gagal itu perlu!Mungkin kita semua menghindari kegagalan, bahkan begitu phobia dengan yang namanya gagal. Padahal darimana kita bisa belajar dalam hidup selain dari kegagalan. Hampir semua keberhasilan berasal dari kegagalan. Bersedih karena gagal, sah-sah saja kok! Tapi jangan berlama-lama dong! Cepat bangkit dan ambil hikmah dari kegagalan tersebut. Yakinlah pasti ada kesempatan emas terbentang setelah itu. Semua ilmu pengetahuan tentang manusia dilahirkan melalui proses belajar yang sulit dan percobaan-percobaan yang gagal.

Apa yang dapat kamu ambil dari kegagalan :
Hadapi kegagalan dengan lapang dada. Ambil hikmah yang terkandung di dalamnya dan segera buat rencana untuk menghindari kegagalan yang sama pada kasus yang sama. Percayalah, kegagalan memungkinkanmu untuk msegera melakukan hal lain dan hal lainnya setelah itu.
Mengenali mengapa kegagalan terjadi dan kamu belajar darinya karena kegagalan akan memberikan sudut pandang baru tentang dirimu sendiri dan hal lain yang kamu lakukan.
Bukankah dengan kegagalan kamu menemukan potensi dirimu karena kegagalan akan memberikan kebebasan dan motivasi untuk terus mencoba berbagai hal yang belum pernah kamu jalani sebelumnya.
Tidak perlu menyalahkan orang lain pada kegagalan yang kamu alami. Sebelum menyalahkan orang lain, salahkan dulu diri sendiri. Sebab untuk mundur atau maju, sebagian besar ada di tanganmu bukan di tangan orang lain karena kegagalan akan mengajari dirimu bahwa gagal adalah hal yang normal.
Kegagalan mengajari dirimu bahwa ada beberapa tingkatan keberhasilan

No comments: