21 December 2005

Bangun MIMPIMU

"Cukuplah maut sebagai pelajaran (guru) dan keyakinan sebagai kekayaan." (HR. Athabarani)

Siapa bilang kita tidak boleh bermimpi!? Justru mimpi yang akan membuat kenyataan lebih baik dari sebelumnya. Syaratnya cuman satu. Kamu harus membangun mimpimu alias jangan cuman bisa bermimpi!
Bermimpi merupakan reaksi kita menghadapi dunia luar atau di dalam diri kita sendiri. Mimpi bisa spontan atau bisa juga kita rancang semau kita. Mimpi juga banyak macamnya, ada yang kecil, ada juga mimpi yang luar biasa hebat. Tapi mimpi itu halal kok!
Kira-kira tujuh puluh persen proses belajar terjadi dalam enam tahun pertama kita. Pada masa itulah kemampuan kita menyerap hal-hal baru berada pada puncaknya . Itu adalah juga saat daya imajinasi kita terakhir kita tumbuh dengan suburnya. Kita membutuhkan imajinasi atau mompi agar bisa belajar dengan cepat dengan mudah. Kebenaran yang sederhana adalah imajinasi merupakan kunci bagi semua proses belajar dan pemecahan masalah. Itulah sebabnya Edison dan Einstein di dunia imi mempunyai imajinasi yang sangat istimewa. Misalnya, Albert Einstein sampai pada kesimpulannmya tentang ruang dan waktu setelah secara imajinif melontarkan dirinya ke antara planet-planet dimana ia berkeliling dengan menunggangi sinar rembulan. Kemampuannya untuk menjadi seperti anak kecil membantunya menjadi raksasa dia antara kaum intelektual.
Tapi kamu harus bermimpi yang seimbang dengan hidupmu, jangan sampai gara-gara mimpi kamu malah lupa kalau kamu sekarang lagi ada di dunia mana dan lupa diri kamu itu siapa. Biasanya mimpi itu kan keinginan yang ingin diraih bukan kenyataan yang kita hadapi sekarang. Mimpi juga biasanya selalu lebih 'wah' dibandingkan kenyataan sebenarnya. Sekali lagi, itu sah-sah saja dan mari kita bekerja keras membangun mimpi kita. Jadikan mimpi kita menjadi kenyataan! Woow hebat!!!
Kemudian jadikan mimpi sebagai sarana mengenali diri. Seorang psikolog dari Amrik, Howard Newburger bilang bahwa "Kamu akan lebih sadar tentang kebiasaan-kebiasaan yang positif maupun negative."

Manfaat dari mimpi :
Mimpi bisa dijadikan sumber ilham kita dalam hidup. Mimpi merupakan salah satu bentuk kreativitas kita. Jangan khawatir untuk melanjutkan mimpi, karena banyak orang besar yang mengawalinya dari mimpi
Kadang-kadang mimpi bisa membantumu menghadapi persoalan dan kecemasan yang ada. Kamu akan menemukan cara terbaik dalam memecahkan persoalan melalui mimpi
Mimpi dapat memotivasi kita untuk bergerak lebih cepat ke arah tujuan
Mimpi mendorong kita melakukan perubahan dalam hidup.
Mimpi membantumu menghilangkan stress. Dengan membayangkan dan memimpikan hal-hal yang indah kamu akan membebaskan diri dari jeratan stress yang mengikat
Mimpi merupakan cara paling aman melepaskan marahmu

Mimpi jadi merugikan ketika :
Kamu tidak melakukan apapun untuk mimpi-mimpimu
Ketika kamu tidak memiliki cara apapun untuk mewujudkan mimpimu
Kamu tenggelam bersama mimpimu
Ketika kamu hanya memikirkan hasil bukan proses pencapaiannya
Ketika mimpimu tidak realistis dan membuatmu tertekan. Karena mimpi harus juga kamu sesuaikan dengan nilai dan kekuatanmu.

No comments: