16 August 2005

Merancang Masa Depan, Perlukah?

Bahkan seorang anak TK pun jika ditanya cita-citanya akan dengan semangat menjawab tegas keinginannya. Ada yang ingin jadi Dokter, Notaris, Pengacara, Pramugari, Tentara, dan banyak lagi impian yang mereka ungkapkan.
Cita-cita saya ingin menjadi Arsitek. But well, keinginan itu GATOT alias GAGAL TOTAL. Beruntung sekali, saya punya keinginan tambahan yaitu menjadi penulis buku. Mewujudkan impian bukan persoalan yang gampang. Saya harus merancang langkah agar impian itu terwujud. Beberapa tips bagaimana Anda dapat meraih masa depan :
SATU, Tetapkan terlebih dahulu apa yang ingin Anda raih. Jangan lupa Anda harus punya second option jika keinginan Anda yang pertama benar-benar tak dapat Anda capai.
DUA, Tetapkan waktu pencapaian impian Anda. Satu tahun, dua tahun, tiga tahun atau berapa tahun Anda bisa mencapainya. Tentunya sesuaikan dengan kemampuan realistis dari Anda.
TIGA, Atur strategi pencapaian! Banyak-banyaklah belajar dari pengalaman, seringlah bertukar pikiran, pertebal keyakinan, buat tahapan pencapaian secara sistematis. Misal, jika Anda ingin menjadi seorang Penulis. Tahapan Awal adalah anda banyak membaca, kemudian belajar menulis, kemudian bergabung dengan klub kepenulisan (jika memungkinkan), kemudian berani mengirimkan naskah dan mengevaluasinya, dan seterusnya.
EMPAT, Jangan pernah menyerah! Ya, sikap pantang menyerah adalah sikap para pemenang. Camkan itu!
LIMA, Barengi usaha dengan doa. Usaha tanpa doa akan menjadi hambar, begitupu sebaliknya doa tanpa usaha akan sia-sia. So, barengkan keduanya dengan seimbang.
Ingat, ini hanya beberapa langkah yang bisa Anda kutip. Tapi langkah kongkrit pencapaian tentunya Anda yang lebih tahu. Selamat merancang dan meraih masa depan!

No comments: