11 July 2005

Tips Remaja02 :Lihat kekuranganmu

Akhirnya kamu tahu apa yang kurang dalam darimu. Lalu apakah kamu harus terus menerus menyesali kekurangan yang ada? Apakah karena kekurangan itu kamu akan terus menerus merasa bahwa dirimu tidak mampu dan tidak berharga?
Menyatakan kelemahan diri bukan merupakan sikap pesimis, menyatakan diri secara sadar mengenai kelemahan diri adalah sikap yang obyektif.
Kamu salah besar jika karena kamu mengetahui kekurangan lantas menjadikan diri kamu semakin kerdil dengan pemikiran itu, semakin tidak berani mencari tantangan-tantangan baru dalam hidupmu, selalu tidak merasa yakin akan pemikiran-pemikiran serta perasaan yang dimiliki, dan cenderung takut menghadapi respon dari orang lain, serta tidak mampu membina komunikasi yang baik. Jangan lakukan hal itu karena itu akan membuat diri kamu semakin tidak bahagia.
Alangkah lebih baik penilaian negatif itu kamu kompensasikan melalui prestasi dalam suatu bidang tertentu. Hal ini akan mendongkrak rasa mencintai diri kamu.
Lagipula kamu sudah berhasil mencatat keadaan dirimu secara jujur. Bukankah kamu pun memiliki kelebihan selain kekurangan. Misalnya, walau kamu tidak selangsing model cat walk bukan berarti kamu harus menghabiskan banyak uang untuk membuat badanmu menjadi setipis mereka, bukankah kamu memiliki keterampilan menggambar yang tidak kalah keren dibandingkan Affandi?
Menyadari kekurangan memang penting karena dengan modal itulah kamu bisa mengakui diri kalau kamu adalah manusia biasa yang tidak sempurna.
Tips bagaimana agar kamu tidak bersedih dengan kekurangan kamu :
Setelah melihat deretan kekurangan yang kamu miliki kamu harus bandingkan dengan deretan kelebihan yang kamu miliki
Jangan pernah mencoba bertanya-tanya mengapa kamu dilahirkan dengan deretan kekurangan
Tersenyumlah untuk semua kekurangan yang kamu miliki karena itu akan memacu kamu untuk melakukan langkah lebih baik dibandingkan sebelumnya

No comments: