Dipandu Jadi Orangtua



Kemarin saya, suami, dan Ammar ngobrol bertiga.

Ammar : Kalau Ammar sudah seperti Ayah dan Bunda apakah Ayah dan Bunda akan memandu Ammar?

Bunda  : Maksudnya?

Ammar : Apa kalau Ammar sudah jadi orangtua akan diajarkan sama Ayah dan Bunda apa yang harus disiapkan untuk mendidik anak?

Saya dan suami :))))))

Mmm..pada dasarnya anak memang akan menduplikasi keseharian orangtuanya.  Karena itu penting bagi seorang Ayah dan Bunda bersama-sama memperlihatkan yang terbaik dari diri masing-masing pada anak-anaknya.

Sesekali, ajaklah anak melihat aktivitas Anda sebagai pebisnis atau pekerja kantoran, agar mereka melihat bahwa ayah bundanya sedang melakukan kegiatan yang produktif dan menyenangkan. 

Jadikan kemampuan seorang perempuan untuk berpenghasilan dan produktif sebagai role model bagi anak-anak.  Role model sebagai seorang ibu yang produktif dan penyebar inspirasi tanpa meninggalkan kewajiban utama sebagai seorang ibu dan istri.   Lambat laun rasa empati dan kemandirian anak-anak Anda akan muncul dengan sendirinya.  

Perlu diingat, mendidik kemandirian anak dan empati mereka lagi-lagi bukan dengan meminta atau memaksa mereka.  Ayah dan bunda bagaimanapun adalah sumber prilaku yang akan diduplikasi oleh anak.  Ajari mereka dengan memberi contoh dalam keseharian.  Karena pada dasarnya, anak akan menduplikasi kebiasaan orangtuanya.

Mendekatkan diri pada pada anak dan remaja memang butuh KREATIVITAS seperti halnya berbisnis.

Menyalahkan anak pada saat mereka salah juga tidak akan membuat mereka menjadi lebih baik.

Mereka butuh sesuatu yang berbeda dari kita, orangtua mereka lebih dari sekedar mengajarkan

Keterlibatan setiap anggota keluarga dalam rutinitas pekerjaan Anda akan membuat mereka ikut merasa memiliki dan mencintai pekerjaan yang sedang Anda jalankan.

Bagi saya, pendidikan formal di sekolah penting bagi anak-anak saya.  Namun saya merasa, penanaman pembiasaan-pembiasaan baik di keluarga jauh lebih penting.  Saya tidak pernah menargetkan anak saya menjadi yang terbaik di sekolah mereka, tapi saya menargetkan anak saya tumbuh menjadi pribadi pembelajar, berempati tinggi, berdaya dan mandiri.

Dengan memiliki hal tersebut saya yakin, mereka akan bisa menerobos berbagai kesulitan hidup, terlebih ketika kami orangtuanya sudah tidak bisa mendampinginya kelak. Semoga.



No comments:

Post a Comment