MELEPASKAN HISAB BERAT SAAT DI AKHIRAT KELAK

Hari ini saya dikasih rezeki oleh Allah
Hari ini saya bisa berkomunikasi secara langsung dengan orang yang saya merasa bersalah padanya
Saya pernah menceritakan hal ini di facebook beberapa waktu lalu, kalau saya memiliki rasa bersalah karena pernah menjadi sales di dunia telekomunikasi dan seorang klien saya membeli produk dengan jumlah waktu itu sekitar 15 jutaan di tahun 2004an
Ternyata....
Produk yang dibeli tidak cocok dengan kondisi alam disana
Produk telekomunikasi yang saya jual tidak bisa menangkap sinyal akibat bukit-bukit dan gunung di lokasi tersebut
Ambyaaar kondisi project kami
Dan....
Tentu hampir seluruh perusahaan termasuk perusahaan saya bekerja menetapkan tak bisa mengembalikan barang yang sudah dibeli oleh konsumen
Sungguh...
Waktu itu perjuangan saya bisa menservice project ini sangat berat
Saya meminta perusahaan ikut berjuang agar produk kami bisa berjalan lancar, bolak-balik saya dan teknisi datang ke lokasi beliau
Apa daya...akhirnya tetap gagal dan saya kemudian pindah kerja
Sesungguhnya kepergian saya seperti membawa beban tersendiri
Saya terpikir terus project gagal ini
Meski teman-teman saya mengatakan dalam jual beli selalu ada saja yang gagal dan tak perlu merasa bersalah
Saya tinggalkan ini sebagai kenangan buruk dan rasa bersalah yang sangat
Beliau dan keluarganya sangat baik pada saya...
Saya sungguh merasa bersalah
Setelah pindah kerja, kesibukan baru dimulai babak baru dimulai dan kesibukan melupakan kisah ini
Kembali bergelut di bidang telekomunikasi, lalu penerbitan, dan akhirnya menikah
Belasan tahun kemudian....
Saya kembali mencari beliau
Saya hubungi mantan bos minta kontaknya, tak ada kontak beliau
Saya hubungi teknisi yang pernah mengantar saya perbaikan project ini, tak ada kontak beliau
Qodarullah, melalui komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnislah saya menemukan beliau
Saya meminta Kordinator wilayah Kebumen mencarinya dan....ketemu
Hari ini saya akhirnya bisa menelpon beliau
Saya sampaikan apa yang saya rasakan dan ingin menebus rasa bersalah dengan memberikan sejumlah ganti rugi yang tidak seberapa dibandingkan project gagal tempo lalu
Beliau tertawa....waaaah saya malah nggak ingat sama sekali, jangan transfer saya
Beliau mengatakan...paska kejadian itu malah beberapa kemudahan mendatanginya
Berkali-kali beliau menolak, berkali-kali beliau tidak mau menerima uang dari saya
Tapi saya sudah berniat dan akan melakukannya
Saya ingin mengurangi hisab perbuatan buruk di akhirat kelak, semoga
Beliau malah bilang, ingin ke Bandung dan bertemu keluarga saya
Saya mengatakan, jika PSBB selesai akan datang duluan mengunjungi beliau dan keluarga
Sampai detik ini, saya belum mendapatkan nomor rekening beliau
Mungkin memang beliau tak ingin saya mentransfer apapun padanya, beliau sudah melupakannya, tapi saya tidak
Insya Allah sebelum meninggal kelak, saya ingin terus meringankan hisab dari segala perbuatan di dunia, semoga Allah izinkan...
Allah hidupkan dan matikan hamba dalam keadaan sebaik-baiknya, Al- Fatihah



No comments:

Post a Comment