SUKA DUKA MENULIS BUKU BIOGRAFI (4)

Kemarin menjadi hari yang sangat sibuk
Sibuk mengurus naskah yang siap diproof klien untuk segera terbit
Setelah itu lanjut ke klien yang penulisannya baru dimulai
Setelah itu...siap-siap dengan kontrak-kontrak baru penulisan biografi yang bisa jadi secara bersamaan saya kerjakan
Stress nggak teh menghandle project dalam waktu bersamaan? InsyaAllah saya enjoy menulis, kalau sedang merasa dikejar tulisan, saya berhenti sejenak dan menghabiskan waktu membaca sambil makan atau jalan-jalan ke toko buku 
Menurut saya tidak ada satu pekerjaan pun yang tanpa tekanan, meskipun pekerjaan itu merupakan hobi yang dibayar seperti menulis, tapi tekanan itulah menjadi salah satu cara kita berproses lebih baik dalam bekerja
Membuat buku biografi itu keseruannya berbeda dibandingkan menulis buku how to, karena dalam penulisannya banyak nilai baik yang bisa kita serap dalam kehidupan
Contohnya, saya pernah mengerjakan biografi keluarga yang sukses dan sangat sibuk, namun mereka tak pernah berhenti untuk berkumpul bersama keluarga besar seminggu sekali.
Energi berkumpul dengan keluarga yang saya serap dari keluarga ini dan saya sampaikan pada keluarga saya untuk mengalokasikan waktu berkumpul bersama
Dukanya? klien biografi bukan orang biasa, kesibukan mereka luar biasa sehingga kadang melakukan proof naskah membutuhkan waktu lebih lama
Kadang kepengen cepat selesai, tapi klien tak bisa ditekan dengan kesibukannya, jadi saya sering berpikir yang penting pekerjaan versi saya sudah dituntaskan dulu, dan sebisa mungkin saya fast respon saat klien memanggil. Dipanggil pagi, siang udah saling berhadapan hehehe
Suka duka menulis biografi itu banyak dan paling banyak adalah sukanya, dukanya anggap saja bumbu profesi 
Btw, sampai sekarang jumlah penulis biografi di Indonesia masih sangat minim, Indscript sendiri termasuk yang sulit mendapatkan penulis biografi baru, kami masih bertahan dengan penulis-penulis lama yang memang berkualitas secara skill hingga attitude.
Kenapa penulis biografi butuh attitude yang baik? nanti saya akan jelaskan di sesi selanjutnyaaaa
Sebelum jadi penulis biografi, ekh kita latihan nulis kisah sendiri di BUKUIN aja yaaaa

No comments:

Post a Comment