PELUKAN TERAKHIR



PELUKAN TERAKHIR SEBELUM ENGKAU PERGI adalah malam itu saat Mama memanggil anak perempuanmu ini dan menantumu
Berkali-kali Mama meminta maaf telah merepotkan kami
No, Ma, tak pernah merepotkan, justru kami tak sempurna melayanimu
Lalu, aku memelukmu dan meminta Mama beristirahat
Istirahat, Ma, udah malam #ujar saya
Mama nggak bisa tidur #ujarmu
Kami meninggalkanmu setelahnya
Lalu bel Mama kembali membangunkan saya
Buatkan Mama oat meal #pinta Mama
Saya membuatkannya dan bertanya lagi #ada yang bisa dibantu lagi, Ma?
Mama menggeleng pelan dan saya kembali tidur
Jam setengah lima biasanya Mama sudah bangun, saya menengok ke kamar dan Mama tampak terlelap
Ah kasihan kalau dibangunkan, tidurnya sedang nyenyak #pikir saya dalam hati
Jam 7 pagi masih juga nyenyak, saya benahi tidurnya dan selimuti tubuhnya #Mama lelah karena semalaman nggak tidur
Jam 8 saya bersiap ambil rapor anak dan menitip pesan pada adik ipar agar Mama dibangunkan jam 9 karena waktunya minum obat
Jam 9 saat antri ambil raport: "Teh, Mama nggak bangun, malah mulutnya berbusa"
Maaaaaa....banguuuuun
Saya berteriak sesampainya di rumah
Mama koma...
Tapi, tubuh Mama masih hangat, tangannya menggenggam tangan anak perempuannya yang terus menangis
Mama koma...
Dan malam itu adalah pelukan terakhir kita ya, Ma?
Janji ya, Ma, kita akan bertemu lagi, Neng ingin memelukmu sebanyak 80 kali sehari 
-
-
-
Kesempatan hidup Mama hanya 3% ketika masuk ruang ICU, Mama terkena stroke setelah sebelumnya diabetes dan TBC
-
-
-
Sahabat-sahabatku terimakasih atas do'a dan semangat yang kalian berikan pada saya, mohon maaf belum bisa membalas satu per satu ucapan baik di facebook maupun di WA

No comments:

Post a Comment