DAHSYATNYA HARBOLNAS KEMARIN

1:35 AM


-
-
Harbolnas 1212 sudah berlalu sejak beberapa jam yang lalu. Semua pebisnis online seakan tidak kenal lelah seharian penuh melayani orderan dari seluruh pelosok negeri. Konon target omset dan perputaran uang selama kurun waktu satu hari Harbolnas 2017 ini (tanggal 12 Desember kemarin) sekitar 4 Trilyun rupiah.

Wow, angka yang fantastis!

Jika dibelikan untuk produk HANDSOCK INDBLACK semua, bagaimana ya hehe...

Sangat menyenangkan menyaksikan geliat perekonomian rakyat ketika harbolnas kemarin. Marketplace memberikan harga diskon besar bahkan ada yang sampai 50%, para start-up, pebisnis kecil, menengah semua bersatu padu mengejar momen yang diadakan satu tahun sekali. Diperkirakan sekitar 254 e-commerce yang ikut serta meramaikan harbolnas 2017 kali ini.

Gelaran Hari Belanja Online Nasional 2017 (HARBOLNAS) yang mengusung tema #BelanjaOnlineBersama telah turut serta mendukung agenda pemerintah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) supaya terus melakukan inovasi bisnis serta mampu menembus kanal digital. Dan diharapkan juga untuk mampu menjangkau konsumen yang jauh lebih luas lagi di seluruh pelosok negeri.

Sejak dimulainya harbolnas pada tahun 2012 silam, terbukti telah terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada kegiatan jual beli setidaknya dua kali lipat dari pada momen lainnya.
Sejak tahun 2012 pula terjadi peningkatan minat dan kesadaran masyarakat pada belanja online. Pada awalnya mungkin hanya sebatas di kota-kota besar di Indonesia saja, namun sekarang hampir menjangkau ke seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Momen harbolnas  kali ini tidak hanya merangkul e-commerce namun juga merangkul semua UMKM di Indonesia yang juga sangat terlibat aktif merambah lini online.
Bisa dikatakan harbolnas setiap tahunnya menuai keberhasilan mendongkrak perolehan rupiah. Karena ekonomi digital merupakan bagian yang paling menentukan bagi ekonomi nasional secara keseluruhan. Secara tidak langsung kegiatan ini mampu mendukung pemerataan ekonomi di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan efek samping harbolnas itu sendiri?

Diantara peningkatan omset tentunya, masih ada saja terkadang pelaku bisnis dengan sengaja tidak mengikuti aturan main yang telah ditentukan bersama. Oknum yang memberikan diskon dan barang palsu bisa dipastikan tidak akan diikutsertakan kembali tahun depan dalam momen spesial akhir tahun seperti ini. 

Sampai jumpa di harbolnas tahun depan...


You Might Also Like

0 komentar