27 December 2016

Endah Dwianti, Mereparasi Diri sebelum Mereparasi Bisnis



Berawal dari kekhawatiran akan banyaknya produk kecantikan berbahan berbahaya seperti merkuri maupun hidrokinon, mendorong Endah Dwianti membuat produk kecantikan sendiri yang tentunya aman digunakan dengan mengusung brand Green Dream Mommy. 

Walau masih merupakan industri rumahan namun produk skin care organik yang dirintis sejak 2013 ini mendapatkan respons positif dari masyarakat.   Banyaknya respon positif bukan berarti membuat Endah tidak mengalami jatuh bangun dalam bisnisnya.  Masalah demi masalah bisnis menjadi makanan sehari-hari ibu dua anak yang berdomisili di Sukabumi ini.

Masalah-masalah besar yang dihadapinya antara lain adalah kehilangan rasa percaya diri saat ditinggalkan oleh para agen dan distributor, ditipu ratusan juta, serta tidak mendapatkan dukungan penuh keluarga untuk menjalankan bisnisnya.

Tak hanya itu, kesibukan menyelesaikan kuliah serta kelahiran anak kedua membuat Endah sempat berpikir akan menutup bisnisnya.

Sampai akhirnya di awal tahun 2016, Endah memutuskan untuk mengikuti training Reparasi Bisnis.  Tugas demi tugas dikerjakan setiap hari tanpa kenal lelah.

Reparasi diri menjadi hal pertama kali dibenahi, mengetahui kekurangan diri sendiri serta memperbaiki kesalahan di masa lalu.  Memupuk semangat untuk terus move on dan nggak baperan.
Satu persatu masalah bisnispun mulai teratasi, dari mulai membuat sistem bisnis yang jelas, aturan yang jelas serta membangun jaringan yang solid dan loyal.  

Alhamdulillah, ketekunan Endah membuahkan hasil, dari sisa reseller yang bisa dihitung dengan jari bisa berkembang menjadi 300 orang ditambah beberapa orang distributor.

Menyadari bahwa dirinya tidak memiliki latar belakang dibidang kecantikan, Endah terus belajar seputar ilmu kecantikan. Mulai dari mengikuti kelas estetika medik hingga memiliki sertifikat sebagai seorang estitika medik (beautycian). Aneka pelatihan natural skin care, belajar dari orang-orang yang bergerak di bidang perawatan kulit yang juga memiliki usaha di bidang natural skin care, serta membaca berbagai literatur tentang kecantikan kerap diikuti perempuan pembelajar ini.

Saat ini jumlah mitra Green Dream Mommy sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia mulai dari Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Palembang, hingga Nunukan. 
Alhamdulillah, turut berbangga atas pencapaianmu, Endah.



No comments: