The Power of Celengan



Teh, kalau misal kita punya pemasukan dari berbagai arah.. sedangkan uang jadi satu ditangan kita. bagaimana inisiatif untuk dapat memilahnya?
Tanya seorang perempuan pebisnis

Jawab saya,
Waaah selamat ya memiliki pemasukan dari berbagai arah, ini sangat luar biasa. Satu hal yang harus dilakukan adalah mencatat setiap pendapatan dengan jumlahnya. Lalu mulailah memilah mana pendapatan yang akan dikeluarkan mana pendapatan yang akan disimpan. 

Misalnya begini: jika Anda punya pendapatan bulanan dari penghasilan suami, penghasilan Anda sendiri sebagai pegawai, pasif income dari kostan yang Anda miliki, serta bisnis yang Anda jalankan. Maka, Anda memiliki 4 penghasilan setiap bulannya. Dengan bijaksana Anda bisa menggunakan 1atau 2 pendapatan setiap bulan untuk pengeluaran atau fix cost bulanan. Lalu, kemana larinya dua pendapatan lainnya? Sebaiknya Anda tabungkan. 
 
Atau meski pencatatan dalam satu buku, sebaiknya gunakan rekening yang berbeda. Rekening pertama untuk menabung, rekening kedua yang digunakan untuk keluar uang setiap harinya.

Kapan waktu yang tepat untuk menabung?
Langsung saat Anda menerima penghasilan!  Begitu Anda menerima penghasilan, segera  sisihkan sebagian untuk ditabung.  Jangan menabung hanya saat ada sisa saja..

Tapi sulit Teh, penghasilan saya pas-pasan, nanti malah nggak cukup buat kehidupan sehari-hari.
Begitu yang sering diungkapan beberapa perempuan

Memang nggak mudah, mau nggak mau Anda harus mulai hidup hemat alias tidak boros.  Hemat itu artinya hidup berkecukupan alias tidak berlebih-lebihan.

Seorang perempuan di komunitas saya pernah menulis begini :
“Maak, sudah tahu mobilnya teh Indari Mastuti?
Nggak keren.
Itu kesan yang pertama kali saya lihat.
Untuk sekelas teh Indari harusnya punya mobil minimal T****a Alphard lahh.
Ini mahh yiny mini bitty.
Etapiii,
Waktu kopdar kemarin di rumahnya yang sekaligus kantor Indscript, keheranan saya terjawab dengan indahnya.
Teh Iin bilang, saya nggak malu punya mobil nggak sebagus orang lain. Tapi saya tenang, nggak dikejar-kejar harus bayar hutang.
Lalu beliau bercerita tentang trik menggunakan celengan untuk membayar semua kebutuhannya.
Celengan nya banyak lho Maak. Ada yang isinya buat persiapan mendaftarkan anak ke sekolah favorit, ada buat nabung investasi peternakan domba dan lainnya.”

Saya tersenyum-senyum saja membacanya.

Ya, 2 cara saya bebas UTANG adalah Hilangkan GENGSI dan SPEKULASI

Cara saya yang lain adalah : The Power of Celengan

Ini cara saya menabung untuk membebaskan utang dan jika ingin membeli sesuatu
Kebayang nggak kalau celengan yang Anda beli di pasar dengan ribuan rupiah saja bisa mewujudkan mimpi-mimpi Anda?
Bisa lunasin utang...
Bisa beli rumah...
Bisa beli sawah...
Bisa buat apa saja!
Asal Anda mau dan disiplin PASTI BISA!  

Mau tahu detilnya? Anda bisa mengikuti training The Power of Celengan yang akan saya usung beberapa waktu ke depan.






No comments:

Post a Comment