17 June 2016

Peluang Usaha Bagi Perempuan yang Suka Nulis



Sejak dulu memang saya sudah mempunyai keyakinan yang kuat: My Passion is Writing.  Passion menulis masih terus mengikuti setiap langkah yang saya ambil dalam menjalani hidup.  Termasuk saat membuat keputusan untuk mendirikan bisnis yang bergerak di bidang kepenulisan hanya bermodalkan keberanian, kerja keras, konsistensi serta keingian saya untuk berbagi dengan sesama perempuan.
Ya,  Indscript Creative, bisnis kepenulisan yang saya dirikan dimaksudkan untuk membuka jalan bagi semua perempuan yang ingin menjadi penulis tapi tidak tahu caranya.
Dari menulis bisa jadi bisnis memang bukan bisnis biasa dan menjalankan bisnis yang awalnya dianggap aneh dan tidak potensial oleh banyak orang memang tidak mudah. 
Saya menyadari, bisnis kepenulisan memang tidak seperti bisnis pada umumnya.  Namun keyakinan saya, jika sebuah bisnis dijalankan berdasarkan passion, Insya Allah akan berjalan lancar.  Hambatan yang muncul, akan lebih mudah diatasi.
Apa saya bisa Teh?
Begitu pertanyaan beberapa perempuan yang saya temui.
Pasti BISA!
Pertanyaan berikutnya, apa saja ya peluang bisnis bagi perempuan yang suka nulis?
Simak yang berikut ini ya.
Pertama, sebagai ghostwriter.  Semua orang memiliki ide cerita atau pengalaman pribadi yang menarik, namun tidak semua orang memiliki kemampuan menuangkan ide atau gagasanya dalam sebuah rangkaian kata ataupun karena kesibukan pekerjaan tidak punya cukup waktu untuk menulis.   Menulis untuk orang lain atau dikenal dengan ghostwriter adalah sebuah profesi yang tak asing lagi di kalangan penulis. Prinsip kerja dari profesi ini adalah membantu seseorang untuk menuangkan ide dalam sebuah tulisan sehingga menghasilkan sebuah artikel, buku atau konten promosi yang menarik untuk dibaca.

Kedua, sebagai copywriter.   Banyak pebisnis yang sudah menyadari bahwa mereka harus memiliki kemampuan menulis untuk mempromosikan produknya.  Namun banyak pebisnis yang tidak mempunyai waktu untuk mengisi web bisnisnya dengan konten yang menunjang promosi produk.  Hal ini membuka peluang bagi para penulis artikel untuk menjadikannya sebagai lahan berpenghasilan. 
Ketiga, menulis buku. Selain mendapatkan fee dari royalti buku, kita pun memiliki kebanggaan tersendiri bukti bahwa kita sebagai penulis. Bukti kita seorang penulis adalah sebuah buku yang kita tulis.
Keempat, menghasilkan uang dari blog (blog monetizing).  Tahukah Anda bahwa sebuah blog dapat memberikan penghasilan secara nyata kepada pemiliknya.  Biasanya blog yang kontennya bagus, orisinil, tampilannya menarik serta memiliki jumlah pengunjung yang banyak akan dipilih oleh para pengiklan.
Sebenarnya masih banyak lagi peluang usaha bagi perempuan yang suka nulis.  Jadi, mengapa tidak Anda manfaatkan peluang ini?
Yuk, Jadikan menulis sebagai peluang usaha modal kecil yang menjanjikan di masa depan!

No comments: