20 June 2016

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Menabung?



Bisa produktif dan berpenghasilan sendiri bukan menjadi jaminan Anda mampu mencapai semua tujuan keuangan Anda.  Pos pengeluaran untuk belanja, transportasi, pendidikan anak dan aneka pos pengeluaran bulanan maupun tahunan selalu mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.  Mau nggak mau Anda harus mulai menyisihkan pendapatan, menjadikan menabung sebagai gaya hidup. 
Kapan waktu yang tepat untuk menabung?
Langsung saat Anda menerima penghasilan!  Begitu Anda menerima penghasilan, segera  sisihkan sebagian untuk ditabung.  Jangan menabung hanya saat ada sisa saja..
Tapi sulit Teh, penghasilan saya pas-pasan, nanti malah nggak cukup buat kehidupan sehari-hari.
Begitu yang sering diungkapan beberapa perempuan
Memang nggak mudah, mau nggak mau Anda harus mulai hidup hemat alias tidak boros!
Waduuuuuh, itu lebih sulit lagi ya buat para perempuan?
Ya, kata hemat seringkali menakutkan bagi sebagian perempuan.  Padahal hidup hemat tidak sama dengan hidup pas-pas an, hidup hemat adalah hidup yang sesuai dengan kemampuan, tidak berlebih-lebihan.
Apakah hidup hemat itu sulit?  Coba Anda simak gaya hidup berikut ini :
-          Membiasakan membawa bekal makanan dari rumah saat bepergian
-          Menghargai uang receh.  Seringkali kita mengabaikan keberadaan uang receh, padahal uang receh ya uang juga.
-          Menerapkan gaya hidup sehat.  Apabila Anda sakit, bagaimana bisa hemat? Pastikan Anda menjaga keseimbangan waktu antara jam bekerja dan istirahat.  Miliki pola makan yang sehat.  Berolahragalah.  Berolahraga demi kesehatan tidak selalu memerlukan biaya mahal.  Banyak pilihan berolahraga yang murah sekaligus menyenangkan.  Contohnya lari pagi bersama suami tercinta.
-          Memilah-milah antara kebutuhan dan keinginan.  Bagi kaum perempuan ini hal yang paling sulit.  Godaan diskon seringkali membuat kita melakukan impulse buying.  Selalu siapkan catatan belanja dari rumah dan tentukan juga maksimum uang yang akan Anda belanjakan setiap kali pergi ke mall.
-          Membiasakan membuat personal/family budgeting untuk semua kebutuhan kita.  Sekarang ini banyak aplikasi di gadget yang akan membantu Anda membuat dan mengontrol budgeting Anda.
Nah, Nggak susah kan hidup hemat?  Dengan berhemat Anda pasti bisa menabung.
Sebenarnya idealnya menabung itu berapa persen dari penghasilan kita?  Beberapa pakar keuangan, menyarankan 30% dari penghasilan, namun ada juga yang menyarankan 10%.  Berapapun persentasenya nggak masalah, Anda tinggal mengukur kemampuan Anda berdasarkan hitungan family budgeting Anda, yang terpenting harus konsisten dan memegang komitmen.  Targetkan saja persentase minimal, misalnya saja 10% dari penghasilan.  Itu artinya minimal 10% harus Anda sisihkan dulu setiap Anda menerima penghasilan, tidak bisa diganggu gugat.  Apabila ternyata Anda bisa menyisihkan 20% atau 30% itu lebih baik.  Pasti bisa kan?  Yuk jalankan mulai sekarang!

No comments: