20 June 2016

Mengenal E-Commerce Untuk Perempuan



Belajar e-commerce yuk!
Awas, jangan bilang saya mah gaptek!
Anda pasti sudah kenal kok dengan e-commerce.  E-commerce atau electronic commerce diartikan sebagai transaksi jual beli yang dilakukan menggunakan perantara alat elektronik, dalam hal ini adalah computer atau gadget yang terkoneksi dengan internet.
Nah, kalau sudah menyangkut dengan internet.  Mau nggak mau Anda memang harus banyak tahu.  Internet memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan perempuan.  Lewat internet para perempuan bisa belajar tentang apapun tanpa perlu keluar rumah.  Tanyakan saja semuanya pada Om Google J
Kalau Anda bersikeras tidak mau menerima perubahan teknologi, Anda tidak akan membuat percepatan dalam banyak hal.  Karena nyaris tidak ada satu pun aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh digital, mulai urusan pekerjaan kantoran, kehidupan sosial, pendidikan, bisnis, keuangan, semuanya tak lepas dari penggunaan teknologi digital.
Teknologi digital memang tercipta untuk mempermudah segala urusan.  Teknologi ini diciptakan untuk efisiensi dan efektifitas waktu ibu rumah tangga baik itu yang pebisnis maupun bukan untuk tetap bertumbuh sesuai dengan keinginannya, bahkan bisa jadi lebih dari yang pernah terpikirkan sebelumnya
Beruntungnya kita hidup di zaman digital yang memberikan banyak kemudahan untuk tetap berbisnis dari rumah.  Yang menjadi tantangan sekarang ini adalah bagaimana agar kita bisa melek digital agar dapat menggunakan segala kemudahan tersebut secara optimal.
Satu-satunya jalan adalah terus belajar.  Bergaulah dengan orang-orang yang lebih paham di dunia ini sehingga pengetahuan Anda akan semakin berkembang. 
Nah, kembali ke topik e-commerce.
Secara garis besar e-commerce ini dibedakan menjadi 3 model, mau tahu apa saja?
Pertama, e-commerce customer to customer (C2C), contohnya website market place seperti Tokopedia dan Elevania.  Market place mempunyai fokus utama untuk memfasilitasi para penjual.  Menyediakan fasilitas berupa tempat promosi dan aktifitas transaksi.
Kedua, e-commerce business to business (B2B), merupakan model bisnis antara dua perusahaan yang saling melakukan transaksi jual beli.
Ketiga, e-commerce business to customer (B2C), yang kita kenal dengan toko online, dimana konsumen bisa langsung bertransaksi dengan penjual.
Sepenting apa sih e-commerce untuk perempuan?
Penting banget!
Dengan menggunakan e-commerce, bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan, bisa diakses kapan saja dan dimana saja, bisa mencari produk lebih cepat, dan mudah dalam melakukan pembayaran.
Jadi, baik dari sisi perempuan sebagai pebisnis maupun sebagai konsumen, e-commerce sangat bermanfaat!
Hmm, tertarik untuk mempelajari e-commerce lebih dalam lagi kan?

No comments: