Belajar e-commerce yuk!
Awas, jangan bilang saya mah
gaptek!
Anda pasti sudah kenal kok dengan
e-commerce. E-commerce atau electronic
commerce diartikan sebagai transaksi jual beli yang dilakukan menggunakan perantara
alat elektronik, dalam hal ini adalah computer atau gadget yang terkoneksi
dengan internet.
Nah, kalau sudah menyangkut dengan
internet. Mau nggak mau Anda memang
harus banyak tahu. Internet memiliki
peran yang sangat penting dalam perkembangan perempuan. Lewat internet para perempuan bisa belajar
tentang apapun tanpa perlu keluar rumah.
Tanyakan saja semuanya pada Om Google J
Kalau Anda bersikeras tidak mau
menerima perubahan teknologi, Anda tidak akan membuat percepatan dalam banyak
hal. Karena nyaris tidak ada satu pun
aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh digital, mulai urusan pekerjaan
kantoran, kehidupan sosial, pendidikan, bisnis, keuangan, semuanya tak lepas
dari penggunaan teknologi digital.
Teknologi digital memang tercipta
untuk mempermudah segala urusan.
Teknologi ini diciptakan untuk efisiensi dan efektifitas waktu ibu rumah
tangga baik itu yang pebisnis maupun bukan untuk tetap bertumbuh sesuai dengan
keinginannya, bahkan bisa jadi lebih dari yang pernah terpikirkan sebelumnya
Beruntungnya kita hidup di zaman
digital yang memberikan banyak kemudahan untuk tetap berbisnis dari rumah. Yang menjadi tantangan sekarang ini adalah
bagaimana agar kita bisa melek digital agar dapat menggunakan segala kemudahan
tersebut secara optimal.
Satu-satunya jalan adalah terus
belajar. Bergaulah dengan orang-orang
yang lebih paham di dunia ini sehingga pengetahuan Anda akan semakin
berkembang.
Nah, kembali ke topik e-commerce.
Secara garis besar e-commerce ini
dibedakan menjadi 3 model, mau tahu apa saja?
Pertama, e-commerce customer to
customer (C2C), contohnya website market place seperti Tokopedia dan
Elevania. Market place mempunyai fokus
utama untuk memfasilitasi para penjual.
Menyediakan fasilitas berupa tempat promosi dan aktifitas transaksi.
Kedua, e-commerce business to
business (B2B), merupakan model bisnis antara dua perusahaan yang saling
melakukan transaksi jual beli.
Ketiga, e-commerce business to
customer (B2C), yang kita kenal dengan toko online, dimana konsumen bisa
langsung bertransaksi dengan penjual.
Sepenting apa sih e-commerce untuk
perempuan?
Penting banget!
Dengan menggunakan e-commerce, bisa
menghemat waktu dan biaya perjalanan, bisa diakses kapan saja dan dimana saja,
bisa mencari produk lebih cepat, dan mudah dalam melakukan pembayaran.
Jadi, baik dari sisi perempuan
sebagai pebisnis maupun sebagai konsumen, e-commerce sangat bermanfaat!
Hmm, tertarik untuk mempelajari
e-commerce lebih dalam lagi kan?
No comments:
Post a Comment