11 May 2016

Dua Hal yang Sering Menjadi Motivasi Utama Ibu Rumah Tangga Memutuskan Berhenti Bekerja: Anak-anak dan Memulai Bisnis Sendiri



Ingin memiliki waktu lebih banyak dengan anak-anak dan memulai bisnis sendiri.  Dua hal tersebut seringkali menjadi motivasi utama seorang Ibu yang memutuskan berhenti bekerja.  Rasa bangga dan eksistensi diri sebagai perempuan berkarier yang menerima pendapatan setiap bulan rela diabaikan.  Setelah resign ingin bisnis dari rumah, tapi bingung bagaimana memulainya?
Jadikan hobi dan kesenangan yang Anda miliki menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Mengapa harus hobi?  Sebab hobi adalah kegiatan yang sering Anda kerjakan.  Jadi dalam menjalaninya tidak akan merasa terbebani dan akan lebih menikmati proses berbisnis.
Sejak kelas 1 SMA, saya sudah mulai merasakan asyiknya dapat duit dari kegiatan menulis. Tahun 1996 itu, uang 150 ribu saya dapatkan sebagai pengganti tulisan yang dimuat di majalah Gadis. Sejak itulah saya yakin ada UANG tersembunyi yang bisa didapatkan dengan aktivitas menulis. Mendapatkan uang! ya, itu motivasi saya terus menulis di awal karir menulis. Apalagi dong yang diharapkan seorang anak SMA yang saat itu memiliki uang saku terbatas sedangkan dia yakin hobi menulis bisa mendapatkan tambahan uang sakunya? So, saya terus menulis dan menulis. Kelas 1 SMA menjadi awal karir saya sebagai penulis. Saya menulis tentang apa saja, mulai dari artikel, tips, opini singkat, cerpen, bahkan hanya sekedar kuis. Yang penting NULIS dan dapat duit!
Siapa yang menyangka sebelas tahun kemudian saya malah menjadi PEBISNIS di bidang PENULISAN? Ya, tahun 2007 menjadi tonggak sejarah karir saya sebagai entrepreneur di bidang penulisan. Awalnya hanya berkecimpung sebagai agensi naskah tapi kini terus bermetamorfosa menjadi bisnis yang sedemikian gurihnya.
Bukan tidak pernah merasakan pahit dalam bisnis ini, tetapi karena menulis adalah sebuah nafas keseharian yang saya jalankan selama belasan tahun bahkan menyatu dengan aliran darah, maka rasa pahit berbisnis tulisan tidak mengurangi energi saya untuk berbisnis di bidang ini --- sekali lagi berbisnis tulisan. Bisnis ini tidak biasa sebab di Indonesia banyak orang meragukan seorang penulis bisa memiliki masa depan cerah melalui keahlian menulisnya.
Dengan berbekal pengalaman saya di bidang jasa penulisan, saya semakin giat untuk berbagi pengalaman agar semua orang bisa melanjutkan hobi apapun menjadi bisnis yang menghasilkan pendapatan dan semua dilakukan dari rumah.
Jadi Mom, kapan memutuskan berhenti bekerja demi anak-anak dan memulai bisnis sendiri dari hobi yang dimiliki?


No comments: