7 WHY Bisnis Besar Jadi Bangkrut

(Salah satu produk anggota emakpintar.asia)


Mungkin beberapa dari Anda pernah membaca buku PUZZLE MIMPI , dimana kisah saya sejak kecil hingga jatuh bangun berbisnis ditulis oleh sahabat saya Anna Farida.  Ketika saya diwawancarai oleh penulis, saya pun menangis mengenang masa-masa tersebut.  Betapa tidak mudahnya meraih pencapaian hingga saat ini, namun saya dengan sekuat tenaga mengumpulkan puzzle yang terserak untuk mewujudkan 101 mimpi saya, salah satunya adalah bisnis saya bisa terus bertahan dan berkembang.
Dari puzzle-puzzle yang saya kumpulkan saya belajar banyak hal, termasuk 7 WHY Bisnis besar jadi bangkrut, berikut saya tuliskan buat Anda :
1.      Tidak paham keuangan.  Banyak pebisnis yang hebat menyusun bisnis plan, namun tidak paham menangani keuangan bisnisnya.  Padahal kondisi keuangan merupakan hal penting yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis. Setiap pengambilan keputusan di dalam bisnis akan selalu terhubung dengan bagaimana kondisi keuangan.   Tidak mungkin Anda mengambil keputusan yang tepat jika tidak memahami kondisi keuangan bisnis Anda dengan baik.
2.      Menangani semua pekerjaan seorang diri.  Mungkin Anda benar-benar semangat untuk menangani bisnis Anda seorang diri, akan tetapi jika sudah diluar kemampuan, mau tidak mau anda harus meminta bantuan.  Misalnya Anda tidak memiliki kecakapan di bidang keuangan atau sistem computer, tidak ada salahnya Anda meng hire orang yang memang memiliki keahlian di bidang-bidang tersebut.
3.      Menganggap produk berkualitas baik dan sangat laku sehingga malas membuat strategi promosi. Mungkin saja produk yang Anda jual memiliki selling point yang kuat, namun jika Anda tidak mempromosikannya ke target market yang tepat secara terus menerus, lambat laun bisnis Anda akan kalah.
4.      Bertahan dengan cara-cara lama.  Jangan puas dengan kondisi bisnis Anda sekarang.  Misalkan anda merasa toko Anda sudah ramai pembeli sehingga Anda tidak pernah memikirkan cara-cara lain untuk menjual produk Anda ataupun membuat inovasi baru untuk produk Anda. Bisnis tanpa inovasi itu artinya mati.  Anda tetap harus memikirkan cara-cara terbaru, misalnya Anda juga mulai berjualan melalui  jejaring sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter atau Anda mulai memodifikasi produk Anda menjadi lebih baik lagi.
5.      Tidak fokus.  Ketika bisnis menurun, banyak pebisnis berganti haluan, mengalihkan fokusnya pada bisnis yang lain.  Cara ini tidak salah, namun jika Anda terus melakukannya, maka fokus bisnis anda akan hilang. Padahal up and down dalam bisnis adalah hal yang biasa.  Bisa saja  penurunan bisnis Anda hanya sesaat saja.
6.      Malas belajar.  Hampir setiap hari kita bertemu sesuatu yang baru.  Baik yang sulit maupun yang mudah.  Ketika bertemu kemudahan tentu lebih menyenangkan.  Ketika bertemu kesulitan?  Saatnya belajar lagi.  Ingatlah, bisnis itu perlu inovasi dan inovasi bisa kita lakukan kalau kita mau mempelajari hal-hal yang baru.
7.      Siap menjadi sales bermental kuat.  Walaupun sudah merasa memiliki bisnis besar djangan malu untuk tetap berjualan.  Jualan bisa dilakukan dimana-mana, pada siapa saja dan kapan saja.
Nah, demikian 7 WHY Bisnis besar jadi bangkrut yang saya rangkum, semoga bermanfaat bagi Anda para pebisnis hebat!


No comments:

Post a Comment