29 May 2016

7 Hal Penting Harus Dijaga Oleh Perempuan Pebisnis



Sebagai pebisnis, Anda menjaga banyak hal agar usaha Anda berkembang pesat. Apa saja sih yang harus dijaga?  Berikut ini saya akan memberikan 7 hal penting yang harus dijaga oleh perempuan pebisnis.
Pertama, Etika berbisnis.  Terutama dalam masalah promosi, yaitu dengan memberi informasi berdasarkan fakta mengenai produk atau jasa. Sebagai contoh, Anda menuliskan bahan produk tanpa ada yang dikurangi atau ditambahi. Bila Anda bergerak di bidang jasa, harus menuliskan fasilitas yang memang akan diterima oleh pengguna.  Peganglah komitmen Anda.  Besar kecilnya konsumen Anda jangan pernah membuat Anda membeda-bedakan jasa yang Anda berikan pada mereka.
Kedua, Catatan keuangan yang rapi.  Catatan keuangan sangat penting untuk mengetahui likuiditas keuangan perusahaan Anda.  Apakah plus atau malah minus.  Jangan pernah mencampur adukkan keuangan bisnis dan rumah tangga
Ketiga, Supplier.  Kenalilah karakter supplier-suplier Anda. Diantara supplier-supplier Anda, mungkin saja ada diantaranya yang tidak cekatan dalam mengirimkan produk.  Ada yang responsive, namun ada juga yang lamban.  Ada yang sangat menjaga hubungan dengan reseller namun tak jarang pula yang bersikap acuh. Jika supplier langganan Anda mulai kurang bersahabat, baiknya stop membeli produknya, cari supplier lain yang lebih kooperatif dan responsive.  Bagaimanapun supplier adalah salah satu kunci kelancaran Anda berbisnis.
Keempat, Ilmu bisnis yang terkini. Ilmu bisnis selalu berkembang dari waktu ke waktu.  Hanya terus belajar seorang pebisnis dapat menghindari melakukan kesalahan-kesalahan bisnis. Belajar bisnis bisa dari mana saja, yang terpenting Anda selalu siap mengosongkan gelas Anda setiap saat!
Kelima, Menggunakan target setiap bulan dan meracik program baru, memacu kreatifitas dan inovasi secara terus menerus sehingga tidak pernah kehabisan pasar.  Ketika saya mulai mengajarkan konsep mengejar target, tentulah tidak mudah bagi mereka yang terbiasa mengerjakan semua mengalir seperti air.  Bagi saya, mengejar target adalah keharusan.  Kita semua harus berusaha mengejar target apapun.
Keenam, Reseller.  Kembangkan reseller agar produk lebih luas menjangkau pasar.  Buatlah program yang menarik untuk menjaring lebih banyak reseller.
Ketujuh, Stok produk.  Seorang pebisnis harus mengetahui kapan saatnya berhenti melakukan stok produk. Saat kualitas produk yang Anda jual kian menurun, jangan menambah stok barang dari suplier langganan.  Bisa jadi, produk tersebut sudah sepi peminat. Anda harus rajin menghitung stok produk, sehingga bisa membeli atau menggantikannya dengan produk keluaran terbaru.
Sebenarnya masih banyak hal yang harus dijaga oleh seorang perempuan pebisnis.  Nah,yang mana saja yang sudah Anda jaga?

No comments: