19 April 2016

7 Cara Jadi Penulis yang Dirindukan



Impian setiap penulis adalah karya-karyanya bisa diterima dan selalu dinantikan pembacanya.  Nah, apakah ada cara untuk menjadi penulis yang selalu dirindukan?  Tentu saja.  Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi seorang penulis yang karya-karyanya selalu dirindukan.
1.      Menulislah dengan BAHAGIA.  “Teh, statusnya nggak pernah galau ih, nggak pernah kelihatan marah.  Kayaknya teh Indari mah bahagia terus.”  Tanya seseorang, entah ini pertanyaan keberapa orang.  Aaaah saya juga manusia biasa loh, marah, sedih, kesal, dan beragam perasaan juga ada.  Tapi saya memilih bahagia dengan apapun yang terjadi.  Sebagai penulis saya ingin tulisan saya menularkan kebahagiaan saya pada semua orang hingga tulisan-tulisan saya selalu dirindukan.   Bukannya setiap orang suka merasa bahagia?
2.      Menulislah dengan JUJUR, tanpa beban.  Menulis dengan beban, misalnya karena ingin mengikuti tren tema cerita yang disukai pembaca saat ini, tidak akan menyenangkan bagi penulis dan akan menghasilkan karya yang tidak ditulis dengan hati.  Karya tulis itu seperti karya seni, ada karakter individu di dalamnya.  Menjadi diri sendiri itu yang utama.  Berhenti memaksakan menulis cerita yang kira-kira akan disukai banyak orang.   Dengan demikian tulisan kita akan lebih personal.
3.      Menulislah apa yang kita suka dan kita KUASAI sehingga kita akan lebih bebas mengekspresikan diri dalam tulisan kita
4.      Milikilah KEUNIKAN dalam setiap karya kita.  Milikilah cara penulisan yang berbeda dari penulis-penulis yang lain.  Hal ini membuat tulisan kita gampang dikenali sekaligus memiliki penggemar-penggemar tersendiri.
5.      Tulisan yang menimbulkan rasa PENASARAN dan tidak membosankan selalu dinantikan para penikmat karya tulis.
6.      Menulislah dengan tujuan memberi NILAI tambah pada para pembaca, tulisan yang dihasilkan dari hati dan pikiran yang jernih dan bertanggung jawab akan terasa berbeda dengan tulisan yang dibuat hanya sekedar untuk mencari penghasilan dan popularitas.
7.      Menulislah kejadian-kejadian UNIK dan relevan dengan kehidupan kita sehari-hari.  Ini akan membuat tulisan kita  melekat kuat di hati pembaca, sehingga selalu dinantikan kelanjutannya.
Betapa menyenangkan ya apabila kita bisa menjadi penulis yang tidak hanya sekedar menulis, tapi karya kita senantiasa dibaca banyak orang, bisa mempengaruhi cara pandang banyak orang serta selalu dinantikan.  Semoga.


Artikel ini tembus VivaLog, alhamdulillah
http://log.viva.co.id/news/read/763084-tujuh-cara-jadi-penulis-yang-dirindukan


1 comment:

Frastykawati ika said...

Saya cobain ya teh ♥
..f..