23 April 2016

6 Cara Gampang Tembus Penerbit

(Komunitas para penulis, Ibu-ibu Doyan Nulis)


Menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang penulis apabila bukunya diterbitkan dan dibaca banyak orang.   Susah nggak tembus penerbit?  Sebenarnya ada cara gampang tembus penerbit, silahkan simak ya :
1.      Bangunlah PERSONAL BRANDING.  Personal branding bisa dibentuk dengan cara sering memposting tulisan-tulisan Anda di media sosial misalnya blog.  Tunjukkan tulisan-tulisan terbaik Anda.  Personal branding ini bisa meningkatkan nilai jual seorang penulis di mata penerbit.  Raditya Dika adalah penulis yang berawal dengan menulis di blog.  Ke-khas-an gaya menulisnya telah memikat penerbit.  Sekarang, alih-alih mengirimkan tulisan ke penerbit, malah penerbit-penerbit yang berebutan menawarkan untuk menerbitkan tulisannya.
2.      Buatlah tulisan yang unik  yakni tulisan yang berisi ide-ide baru ataupun tulisan yang memiliki KELEBIHAN dibandingkan karya-karya lain yang serupa.  Karena penerbit itu bagaimanapun orientasinya adalah bisnis, yang tentunya mereka ingin untung dari penjualan karya kita.
3.      PILIH PENERBIT  yang memang concern dengan bidang yang kita tulis.  Misalnya jangan sekali-kali mengirim tulisan tentang pengasuhan anak ke penerbit yang menerbitkan buku-buku politik.  Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat di situs penerbit yang bersangkutan.  Biasanya penerbit-penerbit besar mencantumkan kriteria naskah yang mereka cari.
4.      Penuhi PROSEDUR PENGAJUAN NASKAH yang ditentukan oleh penerbit.  Apabila penerbit meminta naskah dikirim berupa hard copy atau print out, jangan sekali-kali Anda mengirim dalam bentuk digital.
5.      Bergabung dengan KOMUNITAS PENULIS terutama yang mempunyai kerjasama khusus dengan penerbit.  Dari komunitas ini, selain  kita bisa belajar dari para penulis yang pernah diterbitkan karyanya, kita bisa mendapatkan bocoran tema-tema tulisan yang dibutuhkan.
6.      Kerjasama dengan AGEN pencari naskah.  Agen naskah ini akan membaca, menilai, mengevaluasi dan mempromosikan naskah yang kita tulis ke penerbit-penerbit.  Jika lolos maka agen ini yang akan mengatur perjanjian kerjasama antara penulis dan penerbit.  Tentu saja akan ada komisi yang diberikan penulis ke agen berdasarkan kesepakatan.
Nah, demikian cara gampang tembus penerbit  Semoga bermanfaat bagi Anda yang mempunyai keinginan agar tulisan Anda bisa diterima oleh penerbit.  Selamat mencoba.


No comments: