03 July 2015

Mau Menulis Buku Bisnis?


Dewasa ini, setiap orang dapat menjadi penulis buku bisnis. Bahkan jika penulis tersebut belum memiliki bisnis terlebih dahulu. Namun, ada baiknya penulis buku bisnis berasal dari pelaku usaha pula, agar lebih memahami bagaimana dunia bisnis sesungguhnya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui langkah-langkah menjadi penulis buku bisnis berikut ini.

Saat ini sudah banyak buku bisnis yang terpajang di toko buku, maka Anda harus mencari hal unik dari naskah yang akan ditulis. Contohnya, sudah ada buku bisnis mengenai 100 ide berbisnis, maka Anda dapat menulis tema yang sama dengan tambahan hal tertentu, seperti ada pengalaman pribadi di setiap ide bisnis tersebut.
Walaupun tergolong buku nonfiksi, naskah bisnis juga membutuhkan alur agar lebih menarik. Tujuannya agar pembaca tahu apa yang ahrus diketahui terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun berbisnis. Sebagai contoh, Anda ingin menulis dengan tema 100 ide berbisnis, maka setiap ide tersebut akan memuat tulisan seputar peluang, cara memulai, sampai kisaran keuangan.

Jika Anda adalah pelaku usaha atau tidak, untuk menjadi penulis buku bisnis wajib melakukan riset berupa data kualitatif maupun kuantitatif. Kualitatif adalah informasi mengenai perkembangan, apa yang membuat bisnis tersebut potensial, segmentasi yang tepat, dan lainnya. Sedangkan kuantitatif lebih ke angka berupa kemungkinan penjualan, keuntungan, dan lain-lain.
Untuk soal gaya bahasa, bukus bisnis umumnya cenderung singkat, padat, dan jelas. Hindari kata-kata berbunga atau terlalu bertele-tele. Pembaca buku bisnis lebih menyukai yang diksi yang ringan dan mudah dipahami.

Nah, sudah siap menulis buku bisnis?

No comments: